Perlu Sinergitas Dalam Membangun Budaya Bekasi

Perlu Sinergitas Dalam Membangun Budaya Bekasi

Blog Single

Kurnia Waluya, pegiat sejarah dan budaya Bekasi.

Catatan sejarah telah membuktikan bahwa Bekasi merupakan wilayah yang memiliki peradaban panjang. Mulai dari zaman kerajaan Tarumanagara sekitar abad ke-3 hingga Bekasi di era reformasi saat ini. Selain itu, Bekasi juga memiliki kekayaan  ragam kebudayaan yang sangat bisa dijadikan potensi untuk memajukan daerah.

Saat ini, pergerakan kebudayaan di Bekasi seperti bayi yang baru belajar merangkak. Padahal potensi sejarah dan budaya di Bekasi sangat luar biasa. Oleh karena itu, semua aktivis dan para penggiat budaya harus bisa kompak berjalan beriringan, saling dukung satu sama lain.

Selain pergerakan oleh para pegiat budaya, aksi nyata dari pemerintah daerah kudu maksimal memfasilitasi dan mendukung tanpa batas demi kemajuan budaya Bekasi. Dukungan ini bisa dilakukan dengan memfasilitasi kegiatan penelitian sejarah yang dilakukan oleh komunitas-komunias budaya Bekasi. Khusus tentang sejarah kerajaan Tarumanagara, penelusuran menjadi sangat penting karena catatan sejarah masa itu sangat minim sekali.

Peran sejarah dan budaya dalam membangun sebuah masyarakat merupakan perihal yang sangat penting. Kita bisa ambil contoh bagaimana negara-negara maju di Eropa seperti Italia, Prancis, Belanda, dan Inggris yang sangat menghargai dan memberi tempat istimewa bagi sejarah dan budaya.

Kesadaran semacam ini penting sebagai landasan kebijakan-kebijakan pemerintah Bekasi dalam mewujudkan masyarakat Bekasi yang sesuai dengan nilai dan budayanya sendiri. Karena sejatinya bangsa yang tidak mengenal sejarah dan budayanya adalah sebuah bangsa yang tidak punya jatidiri.

 

Penulis adalah pegiat sejarah dan budaya Bekasi

Share this Post:
Twitter Facebook Google+