Kini Ada Tugu di Curug Parigi

Kini Ada Tugu di Curug Parigi

Blog Single

Pemasangan tugu di Curug Parigi oleg pegiat budaya Bekasi (18/10)

Sabekasi.com, Bantar Gebang - Komunitas budaya Bekasi secara gotong royong membangun pondasi tugu di Curug Parigi, Minggu (18/10). Pondasi ini dibangun untuk menempatkan tugu yang disinyalir sebagai peninggalan  sejarah. Tugu tersebut berbentuk kubah kecil tiga tingkat, setinggi sekitar 50cm yang terbuat dari batu.

"Kemarin pas kita ke sini, ada tugu yang kata warga sudah ada sejak lama," ujar Drahim Sada, salah satu penggagas kegiatan ini. Sebelumnya, kata Drahim, tugu ini tak terurus dan dapat dengan mudah dipindahtempatkan. Karena itu, ia dan komunitas budaya Bekasi berinisiatif membangun pondasi untuk melestarikan tugu tersebut.

Terlepas apakah tugu tersebut ada atau tidak unsur kepurbakalaan dan nilai kesejarahan, langkah ini paling tidak dikatakan Drahim sebagai upaya merevitalisasi wisata alam Curug Parigi. “Kalau soal apakah ini benda cagar budaya, kita butuh pendapat sejarawan atau ahli arkeologi” kata pria yang sudah membangun beberapa tugu golok di Bekasi ini. Fokus kami, lanjut Drahim, pada melestarikan Curug Parigi sebagai wisata alam.

Deni Djiung, pegiat budaya Bekasi, menyatakan ada kemungkinan nilai sejarah pada tugu dan curug di kampung Parig ini. Ia mengajak para sejarawan untuk menggali dan melakukan penelitian. “Kalau ada sejarawan yang mau secara sosial meneliti, kita komunitas budaya pasti senang sekali dan akan support,” ujarnya kepada Sabekasi.com.

Saat ditanya sumber pendanaan pembuatan pondasi tugu ini, Bendahara Paguyuban Pemangku Seni Budaya Bekasi (Pangsi) Edi Suherman mengatakan sebagian besar dari kas dan donasi teman-teman komunitas budaya . “Yang pasti bukan dari APBD lah,” kelakarnya. Dikatakannya, komunitas budaya sangat berkeinginan menghidupkan kembali Curug Parigi sebagai destinasi wisata alam Bekasi.

(Baca: Ini Sikap Komunitas Budaya Bekasi Soal Curug Parigi)

Selain pemasangan pondasi tugu, komunitas budaya Bekasi melakukan bakti sosial membersihkan sampah di kali Curug Parigi. Ratusan pegiat budaya dari berbagi komunitas terlibat dalam kegiatan ini, seperti Pangsi, BBGB, Gading Muda Pengasinan, Kumbesi, Tapak Kaki, dan lainnya. (rd-15)

(Baca: Ratusan Pegiat Budaya Bekasi Bersihkan Curug Parigi)

Share this Post:
Twitter Facebook Google+