Acara Sobat Tande Sukses Digelar

Acara Sobat Tande Sukses Digelar

Blog Single

Drahim Sada saat memberikan sambutan di acara Sobat Tande, Minggu (17/1).

Sabekasi.com, Bekasi Selatan - Dalam rangka memperingati perjuangan pahlawan Bekasi, berbagai komunitas se – Bekasi Raya berkumpul untuk mengikuti acara Sobat Tande di Alun-alun Kota Bekasi, Minggu (17/1).

Acara ini diawali dimainkannya kolaborasi seni musik samyong, rampak gendang, perkusi dan karinding Tarumanagara. Setelah itu para peserta yang berada di tengah Alun-alun Kota Bekasi serempak berjalan menuju tugu resolusi perjuangan rakyat Bekasi.

Sebelum peserta memasuki tugu resolusi perjuangan, para peserta disuguhkan penampilan Flashmob ujungan yang dilakukan oleh para pelajar dari lintas sekolah. Ini merupakan pagelaran flashmob ujungan pertama yang dihelat di Bekasi.

Selain itu, acara ini juga diisi dengan orasi kebudayaan oleh KH. Abid Marzuki yang merupakan keponakan Pahlawan Nasional dari Bekasi KH. Noer Ali. Dalam orasi kebudayaannya, KH. Abid Marzuki menceritakan sejarah Bekasi yang dari masa ke masa selalu memberikan kontribusi kepada seluruh wilayah Nusantara.

“Keberagaman sudah menjadi warna Bekasi sejak dahulu, tak perlu dipermasalahkan karena itu sudah menjadi anugerah yang diberikan Allah SWT,” tuturnya.

Istilah Sobat Tande, menurut KH. Abid merupakan khasanah yang dipegang orang-orang terdahulu. Sobat Tande mampu menciptakan hubungan yang harmonis di sesama warga Bekasi, tanpa memandang suku, etnis, agama, bahasa dan kelompok.

Usai orasi kebudayaan, gelaran doa dipanjatkan untuk para pahlawan dan kemajuan Bekasi ke depannya. Semua peserta tampak khidmat, saling berpegangan tangan satu sama lain.

Ketua Pelaksana acara, Drahim Sada mengatakan bahwa acara ini diselenggarakan dalam rangka refleksi perjuangan pahlawan Bekasi. Dimana pada 17 Januari 1950, diselenggarakan apel akbar yang diikuti oleh puluhan ribu rakyat Bekasi.

“Kegiatan hari ini adalah bentuk refleksi dan penghargaan kita kepada para pendahulu yang telah berjuang dan mempertahankan NKRI,” ujarnya.

Drahim menambahkan, acara Sobat Tande terselenggara tanpa pengajuan proposal. Dirinya juga yakin walaupun tanpa proposal, acara akan tetap berlangsung lancar. Apalagi seluruh peserta tampak ramai dan antusias. "Jika Allah menghendaki suatu kebaikan,  InsyaAllah hal itu pasti terlaksana,” tegas Drahim mengakhiri sambutannya.

Beragam pagelaran seni budaya juga ditampilkan pada acara ini, seperti atraksi silat dari masing-masing perguruan yang ada di Bekasi, paduan suara PSM Unisma Bekasi, Wajah Etnic dan pembacaan situn oleh Kong Guntur Elmogas yang merupakan warga Bekasi pemegang rekor dunia pembacaan pantun terlama.

Disela-sela pertunjukan, Ane Matahari dari Komunitas Sastra Kalimalang juga menghimbau kepada para peserta untuk saling berkenalan dan berinteraksi satu sama lain. "Silahkan para hadirin, saling berkenalan, karena sudah tidak ada sekat diantara kita. Kita  telah menjadi Sobat Tande, melebihi ikatan persaudaraan,” seru Ane. (Fad)

Share this Post:
Twitter Facebook Google+