Ini Nama Tugu di Curug Parigi

Ini Nama Tugu di Curug Parigi

Tugu Patriot Parigi di Curug Parigi

Sabekasi.com, Bantar Gebang - Tugu di Curug Parigi yang dibangun dan telah diresmikan hari ini (10/11) oleh para pegiat budaya Bekasi, kini memiliki nama. 

Ketua Paguyuban Pemangku Seni Budaya Bekasi (Pangsi) menuturkan kisah dibalik penamaan tugu ini. "Ini spontan. Kemarin sama teman-teman muncul pertanyaan akan dinamakan apa tugu ini. Spontan saya bilang namanya Tugu Patriot Bekasi. Dan teman-teman sepakat. Ya sudah, jadilah tuh barang," katanya sambil tersenyum.

Deni Djiung, pegiat budaya Bekasi, mengamini pernyataan Drahim. "Ya itu spontan banget. Tapi nama Tugu Patriot Parigi itu punya cukup banyak makna," ujar Djiung.

Secara terminologi, Drahim dan Djiung mengatakan Patriot identik dengan Bekasi yang memang dikenal sebagai kota patriot. Sementara Parigi, posisinya yang berada di curug dan kampung Parigi.

"Kalau secara filosofis, kita melihat  kali Bekasi ini (lokasi Curug Parigi) memiliki nilai patriotisme. Di mana, kali Bekasi merupakan karya hebat pendahulu kita dalam membangun sistem transportasi waktu itu," kata Drahim.

Djiung menambahkan, bahkan kita yang hidup di hari ini masih merasakan manfaat dari keberadaan kali Bekasi. "Makanya kita juga memilih peresmian tugu ini bertepatan dengan hari pahlawan. Karena kita menganggap, mereka yang membangun kali Bekasi ini adalah pahlawan," tutur Djiung.

(Baca: Hari Ini Tugu di Curug Parigi Diresmikan)

Atas alasan nilai filosofis itulah komunitas pegiat budaya Bekasi yang terlibat dalam pembangunan tugu ini sepakat memberi nama Tugu Patriot Curug Parigi. (gl-15)

Twitter Facebook Google+

Berita Lainnya