Hari ini Tugu di Curug Parigi Diresmikan

Hari ini Tugu di Curug Parigi Diresmikan

Ketua Pangsi Drahim Sada sedang mengecat tugu di Curug Parigi, Senin (9/11) dalam rangka persiapan peresmiannya.

Sabekasi.com, Bantar Gebang - Tugu yang didirikan komunitas budaya Bekasi di Curug Parigi hari ini (10/11) diresmikan.

Tugu setinggi sekitar 1,5 meter ini terdiri dari batu yang disinyalir peninggalan sejarah dan pondasi yang di bangun komunitas pegiat budaya Bekasi pada 8 Oktober lalu.

(Baca: Kini Ada Tugu di Curug Parigi)

Ketua Paguyuban Pemangku Seni Budaya Bekasi (Pangsi) Drahim Sada mengatakan, pendirian tugu ini sebagai simbol penghargaan terhadap sejarah dan budaya Bekasi. Ia berharap, peresmian tugu ini bisa memberi dorongan semangat bagi generasi muda Bekasi untuk peduli pada budaya sendiri.

"Bentuk penghargaan terhadap budaya kan bisa dilakukan dalam banyak cara. Pembangunan tugu ini salah satu simbol yang kami pikir penting. Bukan sekedar pada wujud tugunya, tetapi pada nilai yang terkandung di dalamnya," terang Drahim.

Ia mengatakan, banyak nilai yang bisa digali dari berbagai peninggalan sejarah yang bisa menjadi pembelajaran bagi manusia hari ini. "Intinya kita belajar, tentang yang baik untuk kita lestarikan dan yang buruk untuk kita tinggalkan" jelas pria penggagas pembangunan sejumlah tugu di Bekasi ini.

Pemilihan hari peresmian bertepatan dengan hari pahlawan ini dijelaskan pegiat budaya Deni Djiung. Ia mengatakan, pemilihan hari peresmian ini merupakan kesepakatan bersama.

"Selain para pahlawan kemerdekaan, ada banyak pahlawan yang telah memberi sumbangsih terhadap kehidupan kita sekarang ini. Misalnya, jika merujuk pada pandangan bahwa kali Bekasi hasil perkerjaan manusia, bukan terbentuk karena alam. Artinya, mereka yang membangun kali Bekasi itu pahlawan yang telah menciptakan sistem transportasi atau irigasi waktu itu. Dan ini punya kemanfaatan hingga hari ini" tutur Djiung.

Karena itu, lanjut Djiung, komunitas pegiat Budaya Bekasi yang terlibat, sepakat memilih peresmian tugu yang belokasi di Kali Bekasi ini bertepatan dengan hari pahlawan. (gl-15)

Twitter Facebook Google+

Berita Lainnya