Kota Bekasi Gagal Raih Piala Adipura 2016, Ini Sebabnya

Kota Bekasi Gagal Raih Piala Adipura 2016, Ini Sebabnya

Blog Single

Ilustrasi Piala Adipura (NET)

Sabekasi.com, Bekasi Selatan - Harapan Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi untuk mendapatkan Piala Adipura 2016 harus tertunda. Pasalnya, Kota Bekasi tidak masuk ke dalam daftar Kota dan Kabupaten yang dirilis Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemen-LHK) sebagai Piala Adipura tahun 2016. 

Menurut keterangan Kepala Badan Pengendalian Hidup (BPLH) Kota Bekasi, Supandi Budiman, Pemkot Bekasi hanya meraih nilai di bawah 7,5 dan hanya berhak mendapat Sertifikat Adipura sebagai bentuk apresiasi telah mengikuti program Adipura.

"Betul kita dapat Sertifikat Adipura, karena nilai akhir dari Tim Adipura di atas 70 poin dan ini merupakan hasil kerja kita semua juga langkah awal untuk mendapat piala adipura bermartabat yang nilai akhirnya harus 75 poin," terang Supandi kepada awak media, Rabu (20/7).

Dikatakan Supandi, bobot penilaian yang sangat tinggi selama proses seleksi Adipura di wilayah Kota Bekasi adalah kondisi TPA Sumur Batu, pasar tradisional, sekolah, saluran air dan perumahan terbuka dan upaya pemilahan serta pengolahan sampah.

Untuk mendapatkan Adipura, menurut Supandi, sinergitas dari Pemkot Bekasi dan masyarakat sangat penting. "Tahapannya harus di perbaiki dan juga infrastruktur pendukung, budaya bersih masyarakat juga harus ditingkatkan. Jadi pemerintah dan masyarakat harus satu hati dalam pengelolaan lingkungan," katanya.

Namun demikian, Supandi menyampaikan bahwa kegagalan di tahun 2016 akan dijadikan pelajaran. Pihaknya pun akan segera mempersiapkan untuk mencapai target Piala Adipura tahun 2017. "Mengoptimalkan TPA Sumur Batu dengan memakai teknologi listrik, mengoptimalkan bank sampah di tiap kelurahan, serta pemilahan sampah dengan metode 3R, mengoptimalkan pencemaran airdan menambah ruang terbuka hijau," pungkasnya. (Rsp)

Share this Post:
Twitter Facebook Google+