Soal Pelaksanaan PPDB Online, Disdik Akui Ada Masalah

Soal Pelaksanaan PPDB Online, Disdik Akui Ada Masalah

Ilustrasi PPDB Online (NET)

Sabekasi.com, Bekasi Timur - Dinas Pendidikan Kota Bekasi mengakui selama dua hari pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online masih ditemukan beberapa permasalahan. Hal itu terungkap saat pihak Disdik melakukan Rapat Evaluasi PPDB Online 2016, Selasa (28/6).

Menurut keterangan Sekretaris Disdik Kota Bekasi, Ali Fauzie, pihaknya melakukan rapat evaluasi dengan mengumpulkan seluruh operator dan Kepala Sekolah tigkat SMP, SMA, dan SMK Negeri karena pada hari pertama pelaksanaan PPDB Online ada masalah. "Di hari pertama pendaftaran PPDB Online, ada beberapa sekolah telah terjadi trouble jaringan internet yang mempengaruhi jalannya proses pendaftaran," terang Ali.

Namun pada hari kedua pelaksanaan PPDB Online, diakui Ali, berjalan dengan lancar. Permasalahan jaringan internet yang terjadi di hari pertama tidak terjadi kembali di hari kedua. "Soal itu (jaringan internet) sudah terselesaikan," tambahnya.

Terkait jalur lokal atau yang disebut zona lingkungan, Ali menyebut dalam pelaksanaannya masih ditemui permasalahan. Hal itu terjadi karena masih ada beberapa sekolah yang belum melengkapi alamat jelas. "Mereka hanya menyampaikan alamat jalan dan tidak mencantumkan RT/RWnya," katanya.

Dalam PPDB Online ini, dijelaskan Ali, ada perbandingan yang tidak seimbang antara jumlah kuota yang disediakan tiap sekolah dengan peminat calon peserta didik yang banyak. Oleh karenanya, Ali berharap kepada orang tua calon peserta didik untuk mempunyai alternatif mendaftarkan anaknya di sekolah swasta.

"Tidak hanya sekolah negeri saja yang diperhatikan oleh pemerintah, tetapi sekolah swasta pun sama juga mendapatkan perhatiannya dari pemerintah. Apalagi Dinas Pendidikan telah menyiapkan anggaran bagi calon peserta didik baru yang kurang mampu dari segi ekonominya, dan akan didorong ke sekolah swasta agar tetap bisa melanjutkan sekolah," pungkas Ali. (Rsp)

Twitter Facebook Google+

Berita Lainnya