Kasus Bayi Falya, RS Awal Bros Diputus Bersalah

Kasus Bayi Falya, RS Awal Bros Diputus Bersalah

Blog Single

Falya Raafani Blegur bersama kakaknya

Sabekasi.com, Bekasi Selatan - Proses panjang yang ditempuh Ibrahim Blegur (36) yang memperjuangkan keadilan bagi putrinya Falya Raafani Blegur  (14 bulan) membuahkan hasil. Gugatannya terhadap RS Awal Bros dikabulkan Pengadilan Negeri (PN) Bekasi.

Senin (27/6), Majelis hakim memutuskan bahwa RS Awal Bros terbukti melakukan kesalahan prosedur dalam menangani bayi Falya. 

“Alhamdulillah, perjuangan bagi putri kami telah menunjukan. Ketua majelis hakim sudah memutuskan bahwa putri kami meninggal dunia di Rumah Sakit Awal, akibat malapraktik," ujar Ibrahim.

Untuk diketahui, perjalanan Ibrahim dalam memperjuangkan keadilan bagi putrinya mengalami begitu banyak rintangan. Dari mulai dugaan tidak akomodatifnya DPRD Kota Bekasi hingga bias kepentingan karena Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi merupakan salah satu dokter yang berpraktik di RS Awal Bros.

Baca:

Dalam sidang putusan perkara yang dipimpin Hakim Frans Sihaloho, RS Awal Bros dinyatakan bersalah dan dituntut ganti rugi materi kepada penggungat Rp 205 juta lebih. Sementara tuntutan imateril sebesar Rp 15 miliar tidak dikabulkan oleh majelis hakim. 

M. Ihsan, Kuasa hukum keluarga Falya, mengatakan pihaknya cukup puas atas putusan majelis hakim PN Bekasi. "Karena dari awal kita hanya ingin RS mengakui lalai. Tapi mereka kan ngotot tidak melakukan malpraktik. Malahan menuduh bayinya yang kurang gizi, ini kan penghinaan," tandas Ihsan.

Dalam putusan, lanjut Ihsan, majelis hakim menyatakan penyebab meninggalnya Falya akibat pemberian 1 gram antibiotik Tricefin oleh RS Awal Bros. Dimana, rumah sakit telah terbukti melakukan perbuatan melawan hukum. 

"Kewajiban rumah sakit untuk melakukan skin test terhadap Falya sebelum disuntik antibiotik tidak dilakukan. Dengan demikian, penyuntikan dilakukan tidak seizin keluarga korban,” pungkasnya. (Rsp)

Klik di sini untuk membaca berita-berita terkait kasus dugaan malpraktik RS Awal Bros terhadap bayi Falya

 

Share this Post:
Twitter Facebook Google+