Jalur Lokal PPDB Online Rentan Dipolitisasi?

Jalur Lokal PPDB Online Rentan Dipolitisasi?

Ilustasi PPDB online

Sabekasi.com, Bekasi Timur – Penerimaan peserta didik baru (PPDB) online Kota Bekasi baru akan dilaksanakan pada 27 Juni 2016 mendatang. Namun, sejumlah kekhawatiran mencuat di publik terkait jalur lokal yang rentan dipolitisasi.

Seperti diketahui, zonasi jalur lokal pada PPDB online yang berlaku hingga tingkat RT/RW dinilai sangat sempit. Pasalnya, penyebaran sekolah di Kota Bekasi tidak merata. Ada kelurahan yang memiliki lebih dari dua sekolah, ada kelurahan yang tidak sama sekali memiliki sekolah. Kondisi demikian dikhawatirkan akan rentan untuk dipolitisasi. Apalagi kuota penerimaan siswa lewat jalur lokal mencapai 10 persen.

Menyikapi hal tersebut, Ketua Panitia PPDB Online Kota Bekasi, Ali Fauzi, menyampaikan, pemberlakuan zonasi hingga ke tingkat RT/RW bertujuan untuk memudahkan akses siswa ke sekolah. Kebijakan itu juga dibuat untuk mengurangi dampak kemacetan yang sudah semakin parah di Kota Bekasi. Kemacetan di Kota Bekasi rata-rata terjadi pada pagi dan sore hari. Salah satunya, disumbang oleh kepadatan anak-anak sekolah.

"Kan tidak elok kalau ada siswa yang rumahnya dekat dengan lokasi sekolah, tapi tidak diterima di sekolah itu," terang Fauzi.

Meski demikian, Fauzi berjanji, masukan tersebut akan dijadikan bahan pertimbangan dalam menyusun rancangan terakhir PPDB online sebelum disahkan menjadi Peraturan Wali Kota (Perwal) Bekasi. “Masukan dari masyarakat akan kita jadikan bahan pertimbangan untuk Perwal nanti,” tandas pria yang juga menjabat Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Bekasi ini. (Rsp)

Twitter Facebook Google+

Berita Lainnya