Perluasan TPA Sumurbatu Efektif Selesaikan Masalah Sampah Bekasi?

Perluasan TPA Sumurbatu Efektif Selesaikan Masalah Sampah Bekasi?

Blog Single

Sabekasi.com, Bantargebang – Persoalan sampah Kota Bekasi menjadi perhatian cukup serius. Pasalnya, produksi sampah yang dihasilkan setiap hari semakin tinggi. Hal tersebut tidak sebanding dengan daya tampung Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sumurbatu yang sudah overload.

Untuk menambah daya tampung, kini Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi tengah melakukan perluasan TPA Sumurbatu. Hal ini dianggap sebagai salah satu solusi untuk mengatasi persoalan sampah di Kota Bekasi.

Kepala Bagian Pertanahan Pemkot Bekasi, Sudiana, menyebut pihaknya telah menentukan titik lahan yang akan dijadikan proyek perluasan TPA Sumurbatu. "Kita baru selesai menentukan lokasi perluasan zona TPA milik 15 warga sekitar TPA seluas 9.000 meter persegi," terang Sudiana.

Untuk perluasan TPA Sumurbatu, Pemkot Bekasi sudah mengalokasikan dana pembebasan lahan baru sekitar Rp10 miliar. Namun penyerapan anggaran itu masih memerlukan tawaran harga dari para pemilik tanah yang akan dihitung oleh tim.

Baca juga: 2020, Ada 257 Ribu Ton Sampah Bekasi Tak Terurus

Diakui Sudiana, hingga kini pihaknya belum berkomunikasi langsung dengan para pemilik lahan karena keberadaannya belum diketahui. “Yang punya lokasi ini tinggalnya ada yang di Bekasi, Jakarta dan daerah lainnya. Karena itu harus di telusuri dulu," katanya.

Selain itu, pihaknya juga menggandeng Badan Pertanahan Nasional (BPN) untuk melakukan proses verifikasi terkait keabsahan sertifikat lahan yang akan dibebaskan. (Rsp)
 

Share this Post:
Twitter Facebook Google+