Akses Akan Ditutup, Warga Parigi Terancam (Lagi) Terisolir

Akses Akan Ditutup, Warga Parigi Terancam (Lagi) Terisolir

Curug Parigi

Sabekasi.com, Bantar Gebang - Warga kampung Parigi, Cikiwul, di sekitar area wisata alam Curug Parigi, kembali terancam terisolir. Pasalnya, pihak perusahaan pemilik tanah, PT Peni Jaya, akan menutup jalur yang menjadi akses keluar masuk warga Parigi dengan memagarnya.

Hal tersebut mengemuka dari selembaran yang tersebar di media sosial, yakni Surat Pemberitahuan Pemasangan Pagar Pembatas yang dibuat Djamalluddin Koedoeboen, SH & Partners selaku Kuasa Hukum PT Peni Jaya yang ditujukan kepada Kapolresta Kota Bekasi.

Kemin, warga Parigi, membenarkan adanya selembaran itu. "Iya. Katanya akan dipagar. Ini otomatis akan menutup jalan warga sini (Parigi) keluar masuk," katanya kepada Sabekasi.com.

Menurutnya, warga sudah melakukan langkah hukum, tapi perusahaan tidak pernah hadir dalam persidangan. "Mereka selalu mangkir. Enggak tahu kenapa. Kita datang jauh-jauh ke Bandung, eh merekanya enggak datang," tambahnya.

Kisruh terkait akses jalan ini sudah mengemuka sejak beberapa tahun belakang. Hal ini pun sempat menuai kecaman dari berbagai komunitas di Bekasi, terutama komunitas budaya. Dimana, mereka menentang rencana penutupan akses ini, yang secara otomatis dianggap akan menutup jalan ke wisata alam Curug Parigi.

Baca: Ini Sikap Komunitas Budaya Bekasi Soal Curug Parigi

Dorongan dari berbagai komunitas dan elemen warga lainnya akhirnya membuat Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi turun tangan. Bahkan, Walikota Bekasi Rahmat Effendi berkunjung ke Curug Parigi pada Januari lalu.

Saat itu, Rahmat menyatakan bahwa pihaknya justru akan meminta jalan tersebut diperlebar menjadi sekitar 3 meter sebagai jalan masuk ke Curug Parigi yang direncanakan akan dijadikan destinasi wisata Kota Bekasi. Akses ini pun dikatakan Rahmat agar warga di Kampung Parigi bisa tetap mengakses jalan keluar masuk kampung. “Warga di situ (Kampung Parigi) juga kan harus dimanusiakan,” katanya.

Baca: Warga Curug Parigi Berharap Pemkot Bekasi Kali Ini Serius

Namun entah bagaimana prosesnya, kini warga Parigi lagi-lagi mendapat perlakuan yang tak sesuai dengan pernyataan Pemkot. Bukannya diperlebar, jalan yang menjadi akses warga malah akan ditutup. (Rsp)

Klik disini untuk membaca berita-berita terkait Curug Parigi

 

Twitter Facebook Google+

Berita Lainnya