17 Titik Tanggul Retak, Warga Khawatir Banjir Lagi

17 Titik Tanggul Retak, Warga Khawatir Banjir Lagi

Ilustrasi (NET)

Sabekasi.com, Jatiasih – Pasca banjir besar yang menimpa wilayah Jatiasih beberapa waktu lalu, sebanyak 17 titik kebocoran tanggul berhasil ditemui oleh warga Perumahan Pondok Mitra Lestari (PML), Kelurahan Jatirasa.

Ketua RT 10 Jani mengatakan pengecekan yang dilakukan warga menenemukan 17 titik kebocoran tanggul. "Setelah kita cek, ternyata ada 17 titik kebocoran di tanggul Kali Bekasi yang ada lingkungan kita karena pondasi yang amblas dan tanggul retak," kata Jani seperti dilansir dari Kantor Berita Antara, Rabu (27/4).

Menurut Jani, kerusakan tanggul tersebut tersebar di RT 01, RT 02, RT 03, RT 04, RT 07 dan RT 10. Keretakan tanggul di lokasi itu akibat terbentur arus Kali Bekasi yang saat itu debitnya mencapai 785 kubik perdetik, atau melebihi kapasitas normal 350 kubik perdetik.

Selain retak, kata dia, tanggul tersebut juga mengalami keropos pada bagian pondasi sehingga air menyembur dari sela tanggul dan masuk ke pemukiman warga.

Kerusakan juga terjadi pada lima pintu air yang tertanam di sekitar tanggul Kali Bekasi di kawasan setempat. Pintu air tersebut tidak berfungsi sehingga air dengan mudah masuk melalui celah itu. "Ketinggian air saat itu mencapai 50 centimeter hingga 1 meter. Bahkan masuk ke dalam rumah," sambung Jani.

Sebanyak 450 kepala keluarga yang tersebar di 15 RT Perumahan Pondok Mitra Lestari pada saat itu menjadi korban banjir.

Sementara itu, warga Blok C PML, Nano (45) mengatakan kebocoran tanggul tersebut perlu menjadi perhatian pihak terkait di Pemkot Bekasi serta Kementerian Pekerjaan Umum untuk segera dilakukan pemulihan.

"Kami sudah berkirim proposal permohonan kepada Pemkot Bekasi agar tanggul diperbaiki, karena kami khawatir terjadi banjir susulan yang lebih parah lagi," tutupnya. (Rsp)

Twitter Facebook Google+

Berita Lainnya