Sering Kebanjiran, Warga PGP Bakal Direlokasi

Sering Kebanjiran, Warga PGP Bakal Direlokasi

Blog Single

Perumahan Pondok Gede Permai saat kebanjiran.

Sabekasi.com, Bekasi Selatan – Setiap tahunnya, Perumahan Pondok Gede Permai (PGP) yang berada di, Kelurahan Jatirasa, Kecamatan Jatiasih menjadi wilayah langganan banjir. Terbaru, banjir parah terjadi pada Kamis (21/4).  

Untuk menanggulangi permasalahan tersebut, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi saat ini tengah mempertimbangkan upaya relokasi bagi ribuan warga PGP. Jika relokasi dilakukan, maka menurutnya ada beberapa konsekuensi yang harus ditanggung oleh pemerintah, seperti uang ganti rugi rumah, pembebasan lahan dan proyek penanggulangan banjir.

"Kalau relokasi dilakukan dan diterima oleh warganya, tentu ada konsekuensi biaya yang harus ditanggung pemerintah," kata Rahmat kepada awak media, Jumat (22/4).

Menurut Rahmat, Perumahan PGP saat ini dihuni oleh sekitar 1.500 kepala keluarga yang tersebar di RT08, RT09, RT10. "Kalau di sekitar jalan menuju Perumahan Villa Nusa Indah kita bebaskan dan dijadikan dam, mau atau tidak warganya," sambungnya.

Pihaknya memproyeksikan, pembangunan dam di kawasan itu efektif untuk menyelesaikan persoalan banjir di sepanjang bantaran Kali Bekasi. Air kiriman dari Kabupaten Bogor yang melintas di Kota Bekasi bisa ditampung untuk sementara di dam PGP yang berada di hulu Kali Bekasi sebelum dilepas ke wilayah Kota Bekasi.

Adapun solusi jangka pendek yang tengah digagas pihaknya bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat berupa kegiatan tanggap darurat di sekitar lokasi banjir. "Kalau lumpur di sungainya tidak dikeruk dan buka Bendung Kali Bekasi tidak tepat, pasti akan banjir," pungkasnya. (Rsp)

Share this Post:
Twitter Facebook Google+