TPA Sumurbatu Overload, Bangunan Liar Bakal Dibongkar

TPA Sumurbatu Overload, Bangunan Liar Bakal Dibongkar

Blog Single

Ilustasi (NET)

Sabekasi.com, Bantargebang –Kondisi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sumurbatu saat ini sudah kelebihan kapasitas tampung atau overload. Volume sampah yang masuk setiap harinya tidak sebanding dengan ketersediaan lahan TPA Sumurbatu.

Rencananya, bangunan liar di sekitar TPA Sumurbatu bakal dibongkar oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi. Hal itu dimaksudkan untuk menambah daya tampung sampah TPA Sumurbatu. "Ada satu bangunan berupa pabrik pembuatan pupuk yang saat ini sudah tidak berfungsi lagi. Digusur saja, supaya kapasitas tampung di TPA bisa bertambah," ujar Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, Rabu (13/4).

Saat ini, tumpukan sampah TPA Sumurbatu sudah mencapai 15 hingga 20 meter. Kondisi seperti ini menyebabkan kerentanan akan kembali terjadinya longsor sampah seperti beberapa waktu lalu yang menewaskan seorang pemulung.

Baca juga: 2020, Ada 257 Ribu Ton Sampah Bekasi Tak Terurus

Dijelaskan Rahmat, salah satu upaya yang dinilai efektif adalah dengan melakukan penataan lahan sampah agar setiap zona di TPA Sumurbatu bisa diperluas untuk penumpukan.

"Saya sudah menginstruksikan kepada Dinas Kebersihan untuk segera mengecek kondisi bangunan yang berdiri di tanah milik Pemerintah Kota Bekasi itu. Kalau ada yang mendirikan tanpa izin, harus ditegaskan bahwa tempat yang berdiri tersebut akan diperluas untuk daya tampung sampah," ungkapnya.

Apabila ada warga sekitar yang memiliki akte tanah, Pemkot Bekasi dikatakan Rahmat akan membeli tanah tersebut demi perluasan lahan TPA Sumurbatu. (Rsp)

Share this Post:
Twitter Facebook Google+