Oknum Parkir Liar Disebut Sebab Realisasi Retribusi Rendah

Oknum Parkir Liar Disebut Sebab Realisasi Retribusi Rendah

Parkir meter (ilustrasi foto: Sabekasi.com)

Sabekasi.com, Bekasi Timur - Rendahnya realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Bekasi dari retribusi parkir triwulan pertama tahun 2016, disebut sebagai dampak dari banyaknya oknum parkir liar. 

Seperti diberitakan sebelumnya, realisasi retribusi parkir selama triwulan pertama tahun 2016 sangat rendah, hanya 1,87 persen. Hal ini dikatakan Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota Bekasi Aan Suhanda karena banyaknya oknum pengelola parkir liar. 

Baca: Baru Realisasi 1,9 Persen, Parkir Meter Tak Efektif?

Hal senada diutarakan Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Yayan Yuliana. Ia tak menampik adanya retribusi parkir yang masuk ke kantong oknum liar sehingga mengurangi capaian target retribusi parkir Kota Bekasi.

Yayan menyampaikan total capaian retribusi parkir 2015 berkisar 65 persen. Bahkan, ia menegaskan kalau hal itu realita pengelolaan parkir saat ini. Karena itu, pihaknya berusaha untuk menata titik-titik parkir yang sebagian dikelola oleh oknum di luar Dishub.

Saat ditanya apakah parkir meter yang merupakan bagian dari program Bekasi Smart City memberikan dampak terhadap penambahan setoran PAD, Yayan mengaku belum bisa menyimpulkan. "Programnya kan belum ada setahun," ujarnya kepada Sabekasi.com, Kamis (7/4).

Lanjut Yayan, berdasarkan SK Wali Kota Bekasi tahun 2006, ada 94 titik parkir yang dikelola Dishub Kota Bekasi.

"Setelah kita evaluasi, kondisi titik-titik parkir yang ada mencapai lebih dari 300 unit. Ratusan titik parkir tersebut dikelola oleh empat UPTD. Satu UPTD membawahi tiga kecamatan," terang Yayan.

Untuk menangani parkir liar tersebut, Yayan menambahkan, pihaknya sedang melakukan revisi peraturan daerah tentang pengelolaan parkir. Perda tersebut saat ini sedang dievaluasi di tingkat provinsi dan pusat. Ia berjanji akan berkoordinasi untuk melakukan penataan dan penertiban parkir liar. (Adr)

Twitter Facebook Google+

Berita Lainnya