TPA Burangkeng Makin Sempit, Pemkab Bekasi Gagal Kelola Sampah?

TPA Burangkeng Makin Sempit, Pemkab Bekasi Gagal Kelola Sampah?

Blog Single

Ilustrasi (NET)

Sabekasi.com, Setu – Kondisi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Burangkeng milik Pemerintah Kabupaten Bekasi saat ini sudah dalam kondisi kelebihan kapasitas atau overload.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Bidang Kebersihan pada Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Bekasi Dodi Agus Supriyanto mengakui bahwa saat ini kondisi TPA yang luasnya 10 hektare itu seluruhnya sudah terisi. Bahkan karena pengelolaannya yang masih memakai cara konvensional, penumpukan sampah yang terjadi di TPA Burangkeng hingga saat ini tidak dapat diminimalisir.

“Meski TPA Burangkeng sudah overload, pembuangan sampah tetap dipaksakan,” kata Dodi, Jumat (25/3).

Saat ini, menurut Dodi pihaknya mengaku tengah melakukan kajian terhadap wacana pembukaan lahan untuk pembangunan TPA yang baru di beberapa titik wilayah di Kabupaten Bekasi. Namun, yang sudah proses masuk tahap kajian baru di wilayah selatan, yakni di Kecamatan Bojonngmangu.

"Wacana pembuatan TPA di Kecamatan Bojongmangu masih dalam proses kajian oleh Bappeda dan Dinas Tata Ruang dan Pemukiman," ujar Dodi.

Menurut Dodi, wilayah Bojongmangu berdasarkan kajian awal memenuhi syarat untuk dijadikan TPA. Karena secara unsur geologis, tanah di Bojongamangu mengandung tanah liat, sehingga tidak akan ada penyerapan sampah ke dalam tanah. (Prw)

Share this Post:
Twitter Facebook Google+