Jaga Kerukunan Umat di Era MEA, GP Ansor Helat Seminar Kebangsaan

Jaga Kerukunan Umat di Era MEA, GP Ansor Helat Seminar Kebangsaan

Suasana Seminar Kebangsaan yang digelar oleh GP Ansor Kota Bekasi, Kamis (3/3).

Sabekasi.com, Bekasi Timur - Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Bekasi menggelar Seminar Kebangsaan dengan tema "Trisakti, Pancasila Solusi Kerukunan era "MEA" (Masyarakat Ekonomi Asean) Menjaga Keutuhan dan Kedaulatan Bangsa Toleransi Umat, Kamis (3/3).

Seminar ini menghadirkan pembicara utama Anggota DPR-RI Sukur Nababan dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Bekasi. Seminar yang bertempat di Aula kampus bersama STT, STMIK MIKAR tersebut dimulai pukul 13.00-17.00 WIB.

Ketua pelaksana acara, M. Jufri mengatakan bahwa melalui acara ini pihaknya mengajak masyarakat khususnya generasi muda untuk tidak takut menghadapi MEA. "Kita ini anak bangsa yang hebat dan terdidik. Jangan takut menghadapi persoalan apapun," ucapnya kepada Sabekasi.com.

Sementara itu, Sekretaris Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Bekasi, Ayi Nurdin menuturkan bahwa seminar ini merupakan bentuk ketegasan NU dalam menegakkan toleransi antar umat beragama. Sekaligus bentuk apresiasi NU terhadap gagasan GP Ansor yang mengupayakan acara ini terbentuk.

Sementara itu, Ketua GP Ansor Kota Bekasi, Ahmad Yudhistira memandang persiapan dalam menghadapi MEA adalah dengan bagaimana mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM). "Bagaimana kita membangun, menjaga dan bersaing secara fair," katanya.

Kemudian lanjut Yudhistira, kita upayakan tumbuhnya trust antara yang satu dengan yang lain dan membangun kekompakan antar sesama. "Bagaimana kita bicara MEA kalau keyakinan atau rumah ibadah umat lain saja masih kita ributkan. Kita harus berpikir ke depan. Bagaimana kita bersama membangun benteng secara agama, sosial, politik dsb dalam menghadapi MEA," tegasnya.

Kalau tidak memberi ruang toleransi kepada yang lain, sambungnya, jangan berharap kita akan menikmati puncak kehidupan berbangsa dan bernegara. "Jadi lebih ke arah bagaimana kita memikirkan banga ini agar tetap maju," tutupnya. (Fad)

Twitter Facebook Google+

Berita Lainnya