Konsep Bekasi Smart City Dinilai Terlalu Eksklusif

Konsep Bekasi Smart City Dinilai Terlalu Eksklusif

Blog Single

Sayyidud Dlu'afa,

Sabekasi.com, Pondok Gede - Tak banyak warga yang tahu tentang konsep Bekasi Smart City (BSC) yang digagas oleh Pemerintah Kota (Pemkot). Ini menunjukan bahwa konsep BSC terlalu eksklusif. Padahal, BSC penting mengingat kaitannya dengan peningkatan kualitas pengelolaan sumber daya Kota Bekasi.

Hal itu disampaikan Sayyidud Dlu'afa, sarjana lulusan program studi Ilmu Komunikasi Universitas Islam "45" (Unisma) Bekasi. "Terlalu eksklusif. Hanya pihak tertentu yang paham apa dan bagaimana konsep Bekasi Smart City itu," ujar pria yang biasa disapa Idud ini.

Ia pun mempertanyakan, sejauh mana persiapan Pemkot Bekasi dalam merealisasikan rencana BSC ini. "Sudah sejauh mana, kita juga kan enggak paham. Sosialisasinya kurang," imbuhnya.

Padahal, menurutnya pemahaman masyarakat tentang apa tujuan penerapan konsep Smart City itu penting. "Ini untuk membangun sinergi antara pemerintah dan masyarakat dalam mensukseskan konsep Bekasi Smart City," paparnya kepada Sabekasi.com, Minggu (14/2).

Dalam pandangannya, smart city merupakan konsep penataan kota berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang saat ini menjadi tren di beberapa Negara termasuk Indonesia. "Basisnya pada pengelolaan kehidupan perkotaan melalui pemanfaatan sistem informasi. Ini sebetulnya respon positif terhadap perkembangan teknologi informasi yang pesat saat ini," imbuhnya 

Yang terpenting, lanjut Idud, sejauh mana penerapan smart city dapat menyentuh berbagai aspek kehidupan masyarakat. Oleh karenanya, peningkatan kualitas pelayanan informasi harus diperbaiki. "Prinsip utama dalam smart city adalah ketersediaan layanan informasi. Ini agar publik mudah mengakses berbagai informasi dalam rangka meningkatkan taraf kehidupannya," katanya. 

Ia berharap, Pemkot Bekasi, bisa lebih membumikan gagasan besar ini sehingga mampu dipahami dan diterima oleh warga Bekasi. "Jangan terlalu eksklusif lah," tutupnya. (Fad)

Baca juga:
Share this Post:
Twitter Facebook Google+