Ini Film Layar Lebar yang Syuting di Curug Parigi

Ini Film Layar Lebar yang Syuting di Curug Parigi

Curug Parigi

Sabekasi.com, Bantar Gebang – Sudah menjadi rahasia umum jika Curug Parigi sempat menjadi lokasi syuting beberapa serial sinetron, FTV, maupun reality show berbagai media televisi Indonesia. Tapi tak banyak yang tahu bahwa Curug Parigi pernah menjadi lokasi syuting film layar lebar tahun 80-an.

Kemin (45), warga kampung Parigi, menuturkan kisahnya saat terlibat membantu proses syuting film tersebut. Bahkan dia masih ingat betul judul film dan para aktornya. “Judulnya itu Dia Sang Penakluk, pemainnya Suzanna, Clift Sangra , dan El Manik,” tuturnya kepada Sabekasi.com.

Saat syuting, lanjut Kemin, jika harus pindah dari satu sisi sungai ke sisi lainnya, untuk mengangkut alat-alat, kru, dan pemain itu membutuhkan perahu. Ia merupakan orang yang diandalkan dalam proses itu. “Dulu kan airnya besar, jadi harus pakai perahu dan kebetulan saya punya,” jelas Kemin.

Ia juga mengatakan bahwa selama syuting, para kru dan aktor banyak yang menginap di rumah warga. Ini dikatakannya menjadi salah satu penghasilan tambahan warga Parigi waktu itu. “Lumayan, syutingnya itu lebih dari satu bulan” ujar Kemin.

Penelusuran Sabekasi.com, film tersebut tidak tersedia di kanal Youtube. Berdasarkan filmindonesia.or.id, film Dia Sang Penakluk dirilis tahun 1984 dan tersedia dalam format VHS di Koleksi Sinematek Indonesia. Sinematek Indonesia merupakan arsip film nasional yang dikelola oleh Yayasan Usmar Ismail dan terletak di Jl. H.R. Rasuna Said Kuningan, Kav. C-22 Jakarta 12940. Telp, : (021) 5268455. (rd-15)

Twitter Facebook Google+

Berita Lainnya