Di Surabaya Saja Bisa, Kenapa Bekasi Tidak?

Di Surabaya Saja Bisa, Kenapa Bekasi Tidak?

Parkir meter yang sudah diterapkan di Alun-alun Kota Bekasi

Sabekasi.com, Bekasi Timur - Petisi penolakan komersialisasi ruang publik, dengan memungut biaya parkir, bukan tanpa alasan. Banyak kota yang sesungguhnya sudah menjalankan pembebasan parkir di ruang publik.

Hal itu disampaikan koordinator petisi Hasan Basri. Menurutnya, banyak kota-kota di Indonesia yang menggratiskan tarif parkir. Hal tersebut ia katakan berdasarkan pengalamannya dengan beberapa teman komunitas yang berkunjung ke Taman Bungkul Surabaya.

“Kita lihat bagaimana Kota Surabaya, Bandung, dan Purwakarta mendapatkan predikat penataan kota terbaik bahkan sampai mendunia karena mampu merealisasikan ruang publik sebagaimana mestinya,” ujar Hasan kepada Sabekasi.com.

Hasan menilai bahwa Kota Bekasi sebagai kota yang unggul dalam bidang jasa dan perdagangan, tentunya bisa mengambil Pendapatan Asli Daerah (PAD) di luar retribusi parkir. “Kami yakin pemerintah kota Bekasi mampu untuk merealisasikan bebas parkir di ruang publik,” imbuhnya.

Ia berharap pemerintah serius dalam pelayanan dan pengelolaan ruang publik. Tinggal bagaimana political will Pemerintah Kota Bekasi dalam mengambil keputusan.

Ia mengatakan, pihaknya akan menunggu kebijakan yang akan diambil oleh pemerintah dalam menanggapi usulan pembebasan biaya parkir di ruang publik tersebut. “Kita tunggu tanggapan Pemkot mengenai usulan ini,” tutupnya. (Fad)

Twitter Facebook Google+

Berita Lainnya