Disnaker Canangkan Sistem Informasi Kerja Berbasis Online

Disnaker Canangkan Sistem Informasi Kerja Berbasis Online

Ilustrasi

Sabekasi.com, Bekasi Selatan – Dalam mendukung program Bekasi Smart City, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bekasi mencanangkan sistem informasi pasar kerja berbasis online.

Hal tersebut menuai kritikan dari para pencari kerja. "Disnaker jangan hanya mementingkan perusahaan, tapi juga harus memperhatikan nasib para pencari kerja," tutur salah seorang pencari kerja (pencaker) Wahyu, kepada Sabekasi.com, Kamis (28/1).

Lanjut Wahyu, di samping Disnaker mempermudah perusahaan dalam mencari tenaga kerja, seharusnya Disnaker juga mempermudah para pencari kerja dalam mendapatkan pekerjaan yang ingin ditempatinya. "Intinya ya Disnaker harus banyak sosialisasi soal program itu," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Ketenagakerjaan Disnaker Kota Bekasi, Sajekti Rubiah, mengungkapkan bahwa rencananya pada tahun anggaran 2017 nanti, sistem informasi pasar kerja berbasis daring (dalam jaringan) atau online mulai diberlakukan.

“Ini juga kan sekaligus dalam mendukung program pemerintah Kota Bekasi dalam mewujudkan Bekasi Smart City. Usulan dan rancangan sudah ada, semoga pada 2017 nanti Disnaker bisa merealisasikannya," terang Sajekti saat ditemui Sabekasi.com di ruang kerjanya.

Sajekti menambahkan, setiap pencari kerja yang mendaftar akan otomatis masuk dalam sistem yang sesuai dengan jurusan, lulusan, serta kriteria lain yang langsung terintegrasi ke dalam sistem.

"Perusahaan nantinya hanya tinggal meminta password dari Disnaker untuk dapat melakukan pencarian terhadap tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan perusahaannya," ujarnya.

Dengan sistem yang sedang di gagas ini, perusahaan yang membutuhkan pekerja dapat mencari tenaga kerja secara lebih tepat sasaran. (Fad)

Twitter Facebook Google+

Berita Lainnya