Warung Rimun, Mencoba Eksis di Tengah Menjamurnya Ritel Raksasa

Warung Rimun, Mencoba Eksis di Tengah Menjamurnya Ritel Raksasa

Blog Single

Warung Rimun

Sabekasi.com, Cibitung - Nasib warung-warung kelontong milik warga kian tak punya harapan di tengah menjamurnya ritel-ritel raksasa milik para pemodal besar. Kehadian ritel raksasa ini hampir tidak menyisakan peluang bagi mereka.

Rimun, pedagang kelontong asal Kp. Cibuntu, Desa Cibuntu, Kecamatan Cibitung berusaha bertahan dan melawan kondisi ini. Ia menyulap warung miliknya menjadi warung ala ritel modern. Namanya "Warung Rimun".

Hal ini dilakukan Rimun karena melihat maraknya ritel modern masuk ke pelosok desa dan menggusur warung kecil. Warung Rimun dibangun dengan model menyerupai ritel modern lengkap dengan pelayan berseragam dan kasir di bagian depan warung. Bangunan warung pun di desain seperti modernmart milik beberapa perusahaan ritel terkenal.

Rimun mengaku sengaja merombak total warung tradisional nya untuk menjaring pelanggan. Karena ia merasa tidak mungkin bisa bersaing dengan ritel modern bila tidak merubah warungnya sesuai perkembangan zaman.

Rimun berpendapat kalaupun bersaing, kita harus mempunyai senjata yang sama biar seimbang. "Kagak mungkin bisa menang kalau kita pake pisau sementara lawan kita pake pistol," kata Rimun menganalogikan persaingan warungnya dengan ritel raksasa itu. (Rah)


 

Share this Post:
Twitter Facebook Google+