Hadapi Banjir, Ini Kesiapan PMI Kota Bekasi

Hadapi Banjir, Ini Kesiapan PMI Kota Bekasi

Blog Single

Sekretaris PMI Kota Bekasi, H.A Suharto

Sabekasi.com, Bekasi Selatan - Menghadapi musim penghujan akhir tahun ini, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bekasi menyiapkan tim tanggap darurat jika terjadi bencana banjir.

Sekretaris PMI Kota Bekasi H.A.Suharto mengatakan, pihaknya sidah menyiapkan  anggota tanggap darurat dan antisipasi banjir di Bekasi. "Ada 8 orang staf dan 30 orang lebih relawan yang sudah siap bekerja di lapangan," katanya.

Saat ini mereka siaga di posko yang berpusat di kantor PMI Kota Bekasi, Jl. Pramuka No.1 Bekasi Selatan. "Perlengkapan yang sudah kami siapkan untuk evakuasi banjir ada satu unit ambulance dan  2 perahu karet. Sebetulnya kita punya 3 perahu, tapi yang 1 dalam masa perbaikan karena bocor," katanya kepada Sabekasi.com.

Persediaan darah untuk bencana banjir di Bekasi, Suharto menyebutkan sudah cukup. "Kalau untuk banjir kan tidak terlalu banyak membutuhkan stok darah. Paling kita siapkan untuk Demam Berdarah(DBD). Karena biasanya itu penyakit langganan ketika banjir," ujar Suharto.

Untuk bulan ini, PMI menyediakan sekitar lebih dari 200 kantung darah dari berbagai jenis golongan untuk persiapan banjir.

Warga Diminta Berhati-hati dan Tanggap Banjir

Suhrto mengatakan, pihaknya menghimbau warga selalu berhati-hati dan sigap dalam menghadapi banjir di wilayahnya masing-masing. "Ketika terjadi banjir, warga diharapkan langsung menghubungi PMI atau tanggap bencana yang ada di Bekasi," katanya.

Ia juga menghimbau kepada siswa-siswi di Bekasi yang aktif di Palang Merah Remaja (PMR) yang ada di sekolahnya. "Segera laporkan kepada PMI Kota Bekasi jika terjadi banjir di sekolahnya," himbaunya. (gl-Awi)

 

Share this Post:
Twitter Facebook Google+