Akhir 2017, Kali Bekasi Banjir Besar?

Akhir 2017, Kali Bekasi Banjir Besar?

Blog Single

Mobil tenggelam karena banjir di Pondok Gede Permai tahun 2016 lalu. (Dok Sabekasi)

Sabekasi.com, Bekasi Selatan – Beberapa pekan terakhir, intensitas hujan yang mengguyur wilayah Bekasi mengalami peningkatan.  Melihat kondisi demikian, masyarakat diminta waspada terkait banjir yang sewaktu-waktu bisa datang.

Wakil Wali Kota Bekasi, Ahmad Syaikhu mengatakan, masyarakat khususnya yang berada di bantaran Kali Bekasi untuk mewaspadai banjir di musim penghujan tahun ini. Sebab menurut Syaikhu, tahun 2017 ini merupakan siklus banjir besar lima tahunan.

"Kali Bekasi punya siklus ancaman banjir lima tahunan. Kalau dihitung berdasarkan peristiwanya sejak 2002, 2007,  2012, maka kemungkinan akan kembali terulang pada musim hujan 2017," ujar Syaikhu seperti dikutip dari Kantor Berita Antara.

Terkait antisipasi terjadinya siklus banjir lima tahunan tersebut, lanjut Syaikhu, para pemangku jabatan yang terkait  penanggulangan bencana harus bertindak proaktif melakukan langgkah antisipasi atas ancaman tersebut.

"Saya ingin ingatkan pemangku jabatan terkait penanggulangan bencana yakni BPBD, camat, lurah, dinas sosial dan aparatur RT/RW untuk waspada. Kalau kita lihat sekarang, beberapa daerah di bagian hulu Kali Bekasi curah hujannya sudah mulai tinggi dan sudah ada beberapa bencana," jelasnya.

"Mumpung sekarang belum terlalu tinggi (curah hujannya) di Kota Bekasi, maka kita perlu antisipasi kalau terjadi banjir besar," sambung Syaikhu.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, ancaman banjir tersebut kerap melanda pemukiman penduduk yang kini berada di bantaran Kali Bekasi.

Seperti di Perumahan Pondokgede Permai, Kemang Ivy, Pondok Mitra Lestari, Vila Jatirasa, Kemang Pratama, Kampung Bambu, pusat perniagaan di Jalan Ahmad Yani hingga Telukpucung, Bekasi Utara. (Sab)

Share this Post:
Twitter Facebook Google+