Mudik 2017: Tol Becakayu Mulai Difungsikan, Tapi…

Mudik 2017: Tol Becakayu Mulai Difungsikan, Tapi…

Ilustrasi (NET)

Sabekasi.com, Bekasi Barat – Selama arus mudik dan balik Lebaran 2017, Tol Becakayu bakal bisa dilintasi pemudik. Pemberlakuan izin tersebut diberikan kepada para pemudik di sepanjang jalur Kalimalang untuk melintasi Tol Becakayu sebagai alternatif kemacetan di Jalan KH Noer Alie Kota Bekasi.

Koordinator Lapangan Tol Becakayu Seksi B dan C PT Waskita, Abdul Kholik mengatakan, izin pemanfaatan jalur alternatif Becakayu hanya untuk mobil, sementara sepeda motor tetap diarahkan melalui jalur eksisting Jalan KH Noer Alie. "Motor lewat bawah (Jalan KH Noer Alie). Rambu sudah kita siapkan," ujar dia, Kamis (15/6).

Ia menambahkan, pihaknya sudah melakukan kajian selama dua pekan kemarin. “Hasilnya konstruksi Tol Becakayu yang akan dijadikan alternatif mudik sangat aman dilalui pengendara," lanjutnya.

Dijelaskan Abdul, titik jalan Tol Becakayu yang diperbolehkan menjadi jalur alternatif mudik sepanjang 4,5 kilometer mulai dari Rumah Sakit Harum Jakarta Timur hingga Pasar Sumber Artha Kota Bekasi. Jalan tol alternatif itu memiliki tiga lajur ditambah satu lajur darurat.

"Jalan alternatif Becakayu ini kita mulai buka pada 18 Juni 2017 sampai hari H Lebaran, dan akan kembali dibuka pada arus balik," katanya.

Lanjut dia, selama pemberlakuan jalur alternatif itu, Tol Becakayu dioperasionalkan secara gratis sebagai kompensasi kontraktor atas terjadinya penyempitan Jalan KH Noer Alie akibat penumpukan beton bahan baku proyek.

Situasi itu diperkirakan akan memperparah kemacetan lalu lintas apabila mobil dan motor masih disatukan dalam satu lajur Jalan KH Noer Alie Kalimalang. "Namun jalur motor juga akan kita tambal untuk yang bolong-bolongnya pada 17 Juni 2017 mulai pukul 00.00 WIB, besoknya jalur Tol Becakayu kita buka untuk mobil," tandas Abdul. (Rsp)

 

Twitter Facebook Google+

Berita Lainnya