Mudik Pakai Mobil Dinas, ASN Pemkab Bekasi Akan Dipecat

Mudik Pakai Mobil Dinas, ASN Pemkab Bekasi Akan Dipecat

Blog Single

Ilustrasi (NET)

Sabekasi.com, Cikarang Pusat - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, Jawa Barat, melarang pejabat daerah untuk menggunakan mobil dinas guna keperluan mudik ke kampung halaman pada Libur Lebaran 1438 Hijriah.

"Pelarangan ini mengingat mobil dinas sering kali tidak mendapatkan perawatan sesudah dipakai untuk mudik, tentunya itu dapat membengkaknya anggaran pemeliharaan," terang Wakil Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja, Senin (12/6)

Pemkab disebutnya telah menginstruksikan kepada pejabat daerah untuk tidak memanfaatkan fasilitas pemerintah daerah. Pasalnya, pada tahun 2016 dan tahun-tahun sebelumnya, pemeliharaan mobil dinas menjadi membengkak setelah digunakan untuk mudik.

"Dan pembiayaan itu semua dibebankan kepada pemerintah daerah. Tentu tidak logis bila ini terus-menerus dibiarkan," katanya.

Anggaran yang telah tersedia disebutnya diperuntukkan untuk perawatan alat transportasi pejabat dalam menjalankannya tugasnya. Jadi bukan untuk kendaraan pribadi, yang bisa digunakan seenaknya.

Bahkan pada kasus-kasus sebelumnya, pejabat daerah juga melakukan klaim bahan bakar minyak setelah mudik berlangsung.

Ia menambahkan, bila imbauan dalam bentuk pelarangan itu tidak mendapatkan perhatian dan tetap menggunakan maka akan dilakukan penindakan secara tegas. Penindakan itu berupa pencopotan jabatan, maupun teguran tertulis atau sanksi lainnya bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Bekasi.

"Ini harus segera ditertibkan, karenanya banyak pejabat kerap kali menyalahgunakan mobil dinas sebagai kendaraan pribadi," tandas Eka. (Rsp)

Share this Post:
Twitter Facebook Google+