Raih WTP, Pegawai Pemkot Bekasi Bakal Gundul Lagi

Raih WTP, Pegawai Pemkot Bekasi Bakal Gundul Lagi

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi saat menerima predikat WTP, Senin (5/6).

Sabekasi.com, Bekasi Selatan – Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi kembali meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terkait pengelolaan keuangan daerah tahun 2016 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) di tahun 2017 ini. Predikat ini diberikan BPK RI Provinsi Jawa Barat di Bandung, Senin (5/6).

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengaku bersyukur atas diraihnya WTP yang kedua kalinya. Predikat ini merupakan hasil dari kerja keras seluruh pihak di lingkungan Pemkot Bekasi dalam melakukan proses administrasi perencanaan hingga penyerapan anggaran.

"Khususnya dalam pendataan aset daerah yang sampai sekarang masih terus kita benahi karena masih tercecer dari wilayah Kabupaten Bekasi," ujar Rahmat.

Dijelaskan Rahmat, ada empat poin yang harus disiapkan Kota Bekasi untuk mendapatkan opini tersebut, masing-masing sistem akuntansi yang baik, kepatuhan terhadap ketentuan atau hukum, sajian data dan efektivitas dari sistem keuangan.

"Kita jangan lupa ada sejarah yang sangat pedih di 2009 saat laporan keuangan Pemkot Bekasi dinyatakan disklaimer. Makanya kita harus bersyukur saat ini dapat opini WTP dan itu bukti kebersamaan dan satu harapan agar Bekasi lebih baik," katanya.

Sebagai bentuk syukur, lanjut Rahmat, dirinya telah menginstruksikan seluruh pengawai pria di lingkungan Pemkot Bekasi untuk mencukur plontos rambutnya sebagai visualisasi rasa syukur dalam mempertahankan predikat WTP.

Aksi cukur plontos juga dilakukan jajaran Pemkot Bekasi saat mendapat WTP pada tahun 2016 lalu. "Sebagai ucapan syukur bagi yang mau kita gundul bersama, bahkan sudah ada juga yang gundul," pungkas Rahmat. (Rsp)

Twitter Facebook Google+

Berita Lainnya