Duh, 18 Perusahaan Diduga Cemari Kali Bekasi

Duh, 18 Perusahaan Diduga Cemari Kali Bekasi

Kondisi air di Curug Parigi, Kali Bekasi, Oktober 2015.

Sabekasi.com, Bekasi Selatan - Kali Bekasi yang merupakan salah satu sumber air baku PDAM Tirta Patriot diduga tercemar karena limbah dari 18 perusahaan. Akibatnya suplai air ke sebagian pelanggan menjadi keruh dan bau. Terpaksa, PDAM Tirta Patriot pun harus menghentikan alirannya sementara.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Jumhana Luthfi, mengatakan pihaknya hingga kini masih melakukan uji lab terhadap sampel air pengolahan limbah dari 18 perusahaan tersebut.

"Kami sudah mengundang 18 perusahaan tersebut ke kantor Dinas LH dan telah membuat surat pernyataan untuk bersedia memperbaiki pengolahan limbah Bahan Beracun Berbahaya (B3) agar sesuai dengan parameter, sebelum akhirnya dibuang ke sungai Bekasi. Sekaligus untuk memperbaiki Izin Pembuangan Air Limbah (IPAL)," ujarnya, saat memberikan keterangan kepada awak media, Selasa (14/3).

Sebelumnya Choiruman Juwono Putro, Anggota Komisi I DPRD kota Bekasi Choiruman Juwono Putro meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi untuk menindak  perusahaan yang telah melakukan pembuangan air limbah ke Kali Bekasi di atas ambang batas parameter yang telah ditentukan. Sangsi yang ia usulkan dari mulai teguran keras hingga denda, bahkan pidana bagi perusahaan yang membandel. (Ziz)

 

Baca juga berita-berita terkait kondisi Curug Parigi, Kali Bekasi, di sini: Curug Parigi

Twitter Facebook Google+

Berita Lainnya