Sampah Warga Bekasi Capai 1500 Ton Per Hari

Sampah Warga Bekasi Capai 1500 Ton Per Hari

Blog Single

Ilustrasi (NET)

Sabekasi.com, Bekasi Selatan – Persoalan tentang sampah seakan tak pernah ada habisnya di Kota Bekasi. Tingginya aktivitas ekonomi dan pertumbuhan jumlah penduduk mengakibatkan produksi sampah terus meningkat.

Wakil Walikota Bekasi Ahmad Syaikhu mengatakan, saat ini berdasarkan data dari Dinas Kebersihan diketahui jumlah produksi sampah warga Kota Bekasi setiap harinya mencapai 1.500 ton. Dari jumlah itu, hanya sekitar 60 persen sampah yang berhasil terangkut ke TPA Sumur Batu, Kecamatan Bantargebang.

“Sementara sisanya menjadi sampah liar di pemukiman warga,” ujarnya kepada awak media.

Oleh karenanya, kata Syaikhu, pihaknya akan semakin menggencarkan program bank sampah yang dikelola langsung warga. Hal itu dinilai efektif untuk mengurangi volume sampah liar.

Untuk memaksimalkan peran bank sampah tersebut, diharapkan RT maupun RW diminta aktif menggelakan gerakan pembuatan bank sampah. "RT dan RW adalah penguasa wilayah, jika setiap RW atau RT terdapat bank sampah, maka persoalan sampah akan terselesaikan di tingkat bawah," katanya.

Pihaknya mengaku telah mengalokasikan dana Rp20 juta pada 2017 untuk setiap operasional bank sampah yang ada di lingkungan warga. "Dana ini kita harapkan dapat menjadi stimulan bagi operasional bank sampah yang dikelola warga," pungkas Syaikhu. (Rsp)

Share this Post:
Twitter Facebook Google+