Ratusan Bangku Sekolah Negeri Dibiarkan Kosong

Ratusan Bangku Sekolah Negeri Dibiarkan Kosong

Blog Single

Ilustrasi (NET)

Sabekasi.com, Bekasi Timur - Selama tahun ajaran 2016/2017, dipatikan bakal ada ratusan bangku kosong yang tidak terisi di sejumlah negeri di wilayah Kota Bekasi.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan, Agus Enap, menyebut ada sekitar 600 bangku SMP, SMA dan SMK negeri yang kosong. Hal tersebut terjadi lantaran para peserta didik baru yang lolos PPDB Online 2016 tidak melakukan daftar ulang ke sekolah terkait.

"Bangku kosong tetap dibiarkan, karena pendaftaran sudah tutup," kata Agus Enap kepada awak media, Jumat (19/8).

Menurut Agus, ada banyak alasan peserta didik tidak melakukan daftar ulang. Seperti alasan lokasi pendaftar yang jauh dengan sekolah, ikut orang tua dan karena sekolah belum ada gedung.

"Unit sekolah baru itu saat ini belum memiliki gedung sendiri, masih menumpang ke sekolah lain. Akan kita bangun mulai tahun 2017," kata Agus.

Dikatakan Agus, kekosongan bangku terjadi di SMP Negeri tercatat 120 kursi, SMA sebanyak 200 kursi, dan SMK sekitar 180 kursi. Selain itu, kekosongan bangku juga dialami sejumlah sekolah negeri yang baru beroperasi di antaranya SMP Negeri 44-49, SMK Negeri 13-15, dan SMA Negeri 19-22.

Sekolah baru itu masing-masing membuka tiga rombongan belajar atau kelas. Untuk tingkat SMPN tercatat hanya mendapatkan total sebanyak 44 siswa, SMAN sebanyak 40 siswa, dan SMKN sebanyak 32 siswa.

"Dari seluruhnya yang dibuka, hanya sekitar 70-80 persen mendaftar ulang," tandas Agus. (Rsp)

Share this Post:
Twitter Facebook Google+