Perbaiki Sekolah Langganan Banjir, Ini Langkah Pemkot Bekasi

Perbaiki Sekolah Langganan Banjir, Ini Langkah Pemkot Bekasi

Blog Single

Ilustrasi banjir sekolah dasar (NET)

Sabekasi.com, Bekasi Selatan - Sejumlah sekolah di Kota Bekasi kerap menjadi langganan banjir. Kondisi tersebut dinilai sangat mengganggu proses kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Untuk menyelesaikan permasalahan itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi akan melakukan penanggulangan banjir di sejumlah sekolah. "Untuk tahap awal ini kita akan tangani masalah banjir di SDN 1 dan 3 Harapan Baru, Kecamatan Medansatria," ungkap Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, Senin (8/8).

Dalam tinjauannya, menurut Rahmat banyak faktor penyebab mengapa sekolah jadi langganan banjir. "Genangan air ada di lapangan sekolah akibat kontur tanahnya yang lebih rendah dari saluran air kali yang ada," lanjutnya.

Oleh karenanya, Rahmat langsung menginstruksikan kepada Dinas Bangunan dan Permukiman (Disbangkim) untuk segera memetakan permasalahan dan secepat mungkin diselesaikan. "Saya minta renovasi gedung sekolah menjadi tiga lantai," jelasnya.

Disinggung mengenai anggaran perbaikan, Rahmat mengatakan alokasi dana penanggulangan banjir di lokasi itu bisa didorong dalam Anggaran Belanja Tambahan (ABT) 2016.

"Saya mendapatkan laporan sekolah ini sering tergenang halamannya. Kalau bisa di perubahan anggaran sudah dapat dikerjakan agar kondisi belajar mengajar tidak terganggu," tandasnya.

Berdasarkan data Dinas Pendidikan, tercatat ada sedikitnya 19 sekolah negeri yang berdiri di kawasan banjir. Sekolah tersebut saat ini tersebar di Kecamatan Medansatria, Bekasi Utara, Jatiasih, Rawalumbu dan Bekasi Timur. (Rsp)

Share this Post:
Twitter Facebook Google+