Mengenal Batik Khas Bekasi

Mengenal Batik Khas Bekasi

Iqbal Kombas

Sabekasi.com, Bekasi Timur - Mungkin tidak banyak orang yang tahu bahwa Bekasi punya batik khas sendiri. Bukan batik yang sekedar dibuat di Bekasi atau oleh orang Bekasi, tetapi memang batik yang memiliki corak khas Bekasi. 

Sekilas, corak dan motif batik Bekasi ini terlihat sama dengan batik-batik lainnya yang sering kita jumpai, seperti batik Pekalongan, Solo, dll. Namun jika diperhatikan lebih teliti, ada beberapa perbedaan yang menjadikannya khas Bekasi.

Tim Jelajah Sabekasi.com berkesempatan sedikit mengorek perihal batik Bekasi ini dari Komunitas Batik Bekasi (Kombas).  Secara terbuka, Iqbal Permadi Wijaya, Ketua Bidang Pendidikan, Kajian, dan Kaderisasi Kombas, menuturkan kisah batik Bekasi ini.

Menurut Iqbal, yang menonjol membedakan batik Bekasi dengan lainnya adalah warna-warnanya yang cenderung terang. "Batik Bekasi memiliki warna lebih cerah. Itu yang menjadi khas dan keunggulan batik Bekasi. Anak-anak muda kan senang warna-warna yang dominan cerah. Ini juga menarik untuk dunia fashion," ujar pria berambut kribo nyentrik tersebut.

Terkait motif, Iqbal mengatakan bahwa batik Bekasi mengambil beberapa unsur alam seperti flora dan fauna. "Selain itu ada pengembangan dalam konteks kesejarahan, seperti patriotisme. Misalnya, bagaimana menuangkan spirit patriotisme ke dalam batik," terang Iqbal.

Sejarah batik Bekasi sendiri, lanjut Iqbal, sudah berlangsung lama sekali. Ternyata orang-orang zaman dulu di Bekasi sudah mempunyai kebiasaan membatik. Namun karena perkembangan zaman, kebiasaan itu berangsur hilang. "Tapi masih ada beberapa yang masih konsisten membatik di Bekasi. Misalnya di Kali Abang Nangka, Jatiasih, dan Mustika Jaya" tutur Iqbal.

Iqbal berharap batik Bekasi ini bisa didorong sebagai salah satu produk atau karya unggulan. Batik Bekasi harus terus dipromosilan atau disosialisakan agar semakin dikenal. Tidak hanya dalam skala nasional, tetapi juga internasional.

Menurut Iqbal, upaya pengembangan batik Bekasi memiliki dua nilai positif. Pertama, bagian dari upaya pelestarian budaya Bekasi. Kedua, menjadi salah satu sektor industri yang bisa memberdayakan dan mendorong perekonomian warga Bekasi.

Bagi anda yang tertarik mengetahui lebih jauh mengenai batik Bekasi, anda bisa datang ke markas Kombas di Bekasi Town Square (Betos) Blok D16, Bekasi Timur. Di sana, anda juga dapat berbelanja batik khas Bekasi yang dipasarkan oleh Kombas. (gl-15/Awi)

Twitter Facebook Google+

Berita Lainnya