Tim Perjalanan Mencintai Indonesia Tiba di Miangas

Tim Perjalanan Mencintai Indonesia Tiba di Miangas

Blog Single

Muhammad Nurul Jami dan M. Septian Budiman saat bersepeda di Pulau Miangas, Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara.

Sabekasi.com – Memulai perjalanan dari Desa Cikedokan, Kecamatan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi pada 20 Juli 2017, saat ini Tim Perjalanan Mencintai Indonesia sudah tiba ujung utara Indonesia di Pulau Miangas.

Pulau Miangas secara administratif berada di Kecamatan Khusus Miangas, Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara.

“Alhamdulillah Tim Perjalanan Mencintai Indonesia bersepeda melintas Nusantara tiba pada 8 Oktober 2017,” kata Muhammad Nurul Jami melalui pesan di aplikasi Whatsapp kepada Sabekasi.com.

Untuk menuju Pulau Miangas, kata dia, perjalanan harus di tempuh selama 5 hari menggunakan kapal laut Sabuk Nusantara 38 dari Pelabuhan Kota Bitung, Sulawesi Utara.

Dijelaskan Jami, Miangas adalah pulau kecil yang luasnya kurang lebih 3 km, dengan jumlah penduduk sekitar 1000 orang. Secara geografis, Miangas bahkan lebih dekat dengan Filipina jika dibanding dengan pusat kota Kabupaten Kepulauan Talaud sendiri.

Di Miangas juga sudah ada Bandara yang diresmikan tahun 2016 lalu oleh Presiden Joko Widodo, namun penerbangan baru hanya 1 minggu sekali dari manado menggunakan salah satu maskapai penerbangan.

“Terdapat tapal batas antara Republik Indonesia dengan Fillipina, patung pahlawan santiago dan Bukit keramat yang menjadi ciri khas pulau ini,” ujar pria asal Desa Cikedokan ini.

Sementara itu, M. Septian Budiman menceritakan, Miangas sendiri pernah mengalami pemberontakan dari Filipina pada masa lalu sebagai upaya klaim Miangas sebagai bagian dari Filipina. Namun Mahkamah Arbitrase memenangkan RI bahwa miangas adalah bagian dari NKRI.

“Tim akan berada di miangas selama dua hari dan akan kembali ke Bitung menggunakan KM Meliku Nusa untuk melanjutkan perjalanan bersepeda melintasi rute pulau Sulawesi,” kata Septian.

Septian menambahkan, selama perjalanan menuju Miangas, Tim Perjalanan Mencintai Indonesia menyempatkan singgah dan menyusuri di pulau-pulau terluar bagian utara NKRI.

“Seperti Tahuna, Marore, dan Marampit,” tandasnya.

Untuk diketahui, Tim Perjalanan Mencintai Indonesia sudah berhasil mengunjungi tiga wilayah terdepan Indonesia, yakni ujung selatan di Pulau Rote, ujung timur Merauke, dan terbaru ujung utara di Pulau Miangas. Nantinya, tim akan mengunjungi ujung barat Indonesia di Aceh. (Sab)

Baca juga: Dua Bocah Bekasi Ini Bakal Kelilingi Indonesia Pakai Sepeda

Baca juga: Solidaritas: Tim Perjalanan Mencintai Indonesia Kibarkan Bendera Palestina

Baca juga: Begini Cerita Tim Perjalanan Mencintai Indonesia di Pulau Rote

Share this Post:
Twitter Facebook Google+