Sejarawan: Jalur Anyer-Panarukan Kagak Lewat Bekasi

Sejarawan: Jalur Anyer-Panarukan Kagak Lewat Bekasi

Rute jalur Anyer - Panarukan yang dibangun oleh Pemerintah Kolonial Belanda. (Ist)

Sabekasi.com, Bekasi Utara – Salah satu peninggalan pemerintahan kolonial Belanda yang terkenal adalah pembangunan jalan Daendels yang menghubungkan Anyer (Banten) hingga Panarukan (Jawa Timur). Pembangunan jalan ini disebut melewati Bekasi. Lantas bagaimana kebenarannya?.

Penulis buku Sejarah Bekasi: Sejak Peradaban Buni Hingga Wayah Gini, Endra Kusnawan menjelaskan bahwa jalan Daendels yang menghubungkan Anyer – Panarukan itu tidak melewati wilayah Bekasi. “Jalur Anyer-Panarukan kagak lewat Bekasi,” jelas Endra kepada Sabekasi.com, Kamis (20/4).

Dikemukakan Endra, rute jalur Daendels itu dari Anyer terus lurus ke arah Kota Batavia (Kota Tua). “Dari situ, belok ke arah selatan, melalui jalur ke arah Mester Cornelis (Jatinegara), Depok, dan Bogor. Lalu berlanjut ke Cianjur, Bandung, Sumedang, dan Cirebon. Jalur tersebut terus hingga ke daerah Panarukan,” jelasnya.

Dengan begitu, kata Endra, perlintasan jalan yang dibangun Daendels di Jawa Barat tidak melewati Bekasi, Karawang, dan Subang, melainkan memutar.

Pembelokan jalur ke arah Bandung, dijelaskan Endra, terjadi akibat adanya potensi ekonomi yang cukup tinggi di daerah Bogor, Bandung, dan sekitarnya, yaitu berupa ladang kopi untuk kebutuhan ekspor. “Saat itu kopi menjadi barang dagangan yang cukup tinggi nilainya,” ujarnya.

“Faktor ekonomi ini ikut memengaruhi pembangunan dikarenakan untuk melancarkan proses pembangunan jalan, pembiayaan pemerintahan, dan setoran uang ke pemerintah pusat di Prancis,” sambung Endra.

Seperti diketahui, pembangunan jalur Anyer – Panarukan dilakukan saat Herman Willem Daendels menjadi Gubernur Jenderal Hindia-Belanda (14 Januari 1808 – 16 Mei 1811). Pembangunan sendiri dilakukan sejak Mei 1808 hingga Juli 1809. Jalur Anyer – Panarukan ini juga dikenal dengan sebutan Jalan Raya Pos (grote postweg). (Sab)

Twitter Facebook Google+

Berita Lainnya