Pohon Jamblang Bekasi Ditanam di Hutan Jambi

Pohon Jamblang Bekasi Ditanam di Hutan Jambi

Blog Single

Ilustrasi buah Jamblang (NET)

Sabekasi.com, Bekasi Selatan – Pohon Jamblang merupakan salah satu pepohonan yang tumbuh subur di Bekasi. Sekarang, pohon Jamblang yang buahnya memiliki rasa manis asam itu sudah jarang ditemui.

Namun, di sela-sela acara Musyawarah Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Ke-5, di Kota Baru Jambi, pohon Jamblang ditanam di Hutan Kota Muhammad Sabki, Kamis (28/7).

Asisten III Bidang Administrasi Umum Dadang Hidayat, mengatakan penanaman bibit pohon Jamblang di kebun koleksi tanaman dan pepohonan Kota Jambi dalam rangka memperkenalkan kekayaan flora di daerahnya.

"Kita tanam bibit pohon jamblang di Taman Hutan Kota Muhammad Sabki, Kota Baru Jambi dalam rangkaian acara Munas Apeksi Ke-5," ungkapnya seperti dilansir dari Kantor Berita Antara.

Pohon Jamblang tersebut merupakan salah satu dari 91 koleksi pohon yang berasal dari daerah peserta Munas Apeksi. "Kami memang ingin memperkenalkan kekayaan flora yang khas dari daerah masing-masing," terang Dadang.

Lebih lanjut, pihaknya menanam satu bibit pohon Jamblang yang lebih dikenal di Bekasi dengan sebutan Anggur Betawi sebab memiliki kemiripan warna dan bentuk anggur pada umumnya.

Penanaman pohon sendiri diikuti Asisten Daerah Kota Bekasi II Kariman, Asisten Daerah III Dadang Hidayat, Sektetaris Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Eman. "Mudah-mudahan terus tumbuh dan menambah varian tanaman di Hutan Kota Jambi. Jamblang dikenal di Bekasi sebagai Anggur Betawi," harap Dadang. 

Berdasarkan informasi yang dihimpun Sabekasi.com, Jamblang memiliki nama latin Syzygium cumini. Jamblang merupakan pohon buah yang masuk suku jambu-ambuan dan kerap disebut juga jambu keling dan duwet. (Rsp)

Share this Post:
Twitter Facebook Google+