2017, Koperasi dan UMKM Dapat Bantuan Modal Pemkot

2017, Koperasi dan UMKM Dapat Bantuan Modal Pemkot

Blog Single

Ilustrasi. Foto: finansial.bisnis.com

Sabekasi.com, Bekasi Selatan - Demi mendorong pertumbuhan ekonomi daerah pada tahun 2017, Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi akan terus menggenjot sektor koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Seperti dilansir dari Kantor Berita Antara, Jumat (12/2), Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bekasi, Jumhana Luthfi mengatakan kondisi koperasi yang kurang baik saat ini memerlukan intervensi dari Pemkot Bekasi.

"Keberlangsungan koperasi di Kota Bekasi perlu mendapatkan intervensi dari Pemerintah Kota Bekasi mengingat kondisinya yang saat ini terbilang kurang baik," kata Jumhana Luthfi.

Saat ini menurut dia, hanya 50 persen koperasi dari total 600-an koperasi yang tercatat bedomisili di Kota Bekasi yang masih eksis berkegiatan. Situasi tersebut bertolak belakang dengan prestasi yang diraih Koperasi Pasar Kranggan Kota Bekasi yang selama ini telah menjadi percontohan nasional.

"Pengelola koperasi dari berbagai wilayah tanah air telah mendatangi Kopas Kranggan untuk keperluan studi banding dan mempelajari manajemen pengelolaan koperasi tersebut," ungkapnya.

Berdasarkan data yang dirilis Bappeda tercatat, keberadaan UMKM di 12 kecamatan Kota Bekasi mencapai 1.700 unit. "Eksistensi UMKM masih lebih baik dibandingkan koperasi dengan kisaran 85 persen di antaranya masih beroperasi," sambung Jumhana Luthfi.

Adapun bentuk dukungan pemerintah yang akan diupayakan pada tahun 2017 ialah pemberian bantuan modal bagi pelaku UMKM. Bantuan modal tersebut bersumber dari APBD Kota Bekasi yang disalurkan melalui Bank Perkreditan Rakyat Syariah milik Pemkot Bekasi.

Penyaluran modal untuk UMKM tersebut akan dibarengi dengan pendirian lembaga penjamin yang akan dibentuk oleh Pemkot Bekasi.

"Dengan adanya lembaga penjamin bentukan Pemkot Bekasi, kami harap pengusaha kecil yang tidak memiliki barang berharga untuk diagunkan demi kepentingan memperoleh modal, bisa turut menikmati dukungan permodalan yang diberikan pemerintah," tutupnya. (Red)

Share this Post:
Twitter Facebook Google+