Masa Tenang Pilkada Bekasi, Tim Paslon Diimbau Tak Lakukan Kampanye

Masa Tenang Pilkada Bekasi, Tim Paslon Diimbau Tak Lakukan Kampanye

Akbar Khadafi

Sabekasi.com, Cikarang Pusat - Pilkada Kabupaten Bekasi 2017 memasuki tahap masa tenang pada 12, 13, dan 14 Februari 2017. Panwaslu Kabupaten Bekasi meminta seluruh pasangan calon tidak berkampanye pada hari itu. Masyarakat juga diminta turut menciptakan suasana kondusif selama masa tenang hingga hari pemilihan berlangsung.

Pelarangan kampanye pada masa tenang juga berlaku di media sosial. Ketua Panwaslu Kabupaten Bekasi, Akbar Khadafi mengimbau pasangan calon maupun relawannya agar menonaktifkan akun media sosial pada masa tersebut. Penonaktifan akun tersebut semata-mata untuk memberi kesempatan pada pemilih merenungkan pilihannya pada 15 Februari 2017.

Akbar menuturkan, pihaknya sudah mengarahkan tim pasangan calon untuk menurunkan Alat Peraga Kampanye (APK). Pihaknya juga menginstruksikan Panwascam yang ada di 23 Kecamatan untuk berkordinasi dengan pihak kepolisian, TNI, PPK, Timses Pasangan Calon dan Satpol PP untuk melakukan penertiban.

"Panwaslu akan berkordinasi dengan Satpol PP dan akan melibatkan tim kampanye untuk bersama-sama menurunkannya,” ujar Akbar beberapa waktu lalu.

Dalam Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2015 tentang Kampanye Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Walikota dan Wakil Walikota terdapat klausul yang menjelaskan mengenai masa tenang.

Pasal 49 ayat (2) Peraturan KPU tersebut menjelaskan, masa tenang kampanye berlangsung selama tiga hari sebelum hari dan tanggal pemungutan suara. Di ayat (3) disebutkan, pada masa tenang tersebut, pasangan calon dilarang melakukan kampanye dalam bentuk apapun. (Fad)

Twitter Facebook Google+

Berita Lainnya