ICW: Laporan Dana Kampanye Empat Paslon Pilbup Bekasi Janggal

ICW: Laporan Dana Kampanye Empat Paslon Pilbup Bekasi Janggal

Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) Donal Fariz. (Ist)

Sabekasi.com, Tambun Selatan – Indonesia Corruption Watch (ICW) menemukan kejanggalan dalam laporan dana kampanye sejumlah pasangan calon di Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bekasi 2017.

Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW), Donal Fariz mengatakan, pihaknya menduga adanya dugaan upaya manipulatif yang dilakukan. Hal itu terlihat dari Laporan Awal Dana Kampanye (LADK) dan Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPDSK).

Dijelaskan Donal, kejanggalan terlihat dalam LPSDK empat pasangan calon yakni pasangan Iin Farihin-Mahmud yang hanya sebesar Rp40 juta, pasangan Meilina-Abdul Kholik Rp600 juta, Neneng-Eka Rp650 juta dan pasangan Sa'duddin-Ahmad Dani sebesar Rp679 juta.

"Kalau melihat laporan dana kampanye itu, potensi terjadinya manipulasi sangat besar," kata Donal, Sabtu (10/2).

Jika dilihat dari jumlah penerimaan yang disampaikan pasangan calon, kata Donal, sangat tidak wajar dengan kenyataan di lapangan. Laporan tersebut sangat kontras dengan fenomena kampanye berbiaya tinggi oleh peserta pilkada.

Donal mengkhawatirkan potensi tersebut juga terjadi dalam Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK) atau laporan akhir yang akan diaudit oleh akuntan publik yang ditunjuk oleh KPUD.

“Peserta pilkada melaporkan dana kampanye secara jujur, lengkap, dan terbuka dalam LPPDK yang harus diserahkan pada 12 Februari 2017 nanti,” tegas Donal.

Baca juga: ICW Temukan Potensi Politik Uang di Pilbup Bekasi 2017

Selain itu, ia juga mendesak kepada KPU untuk memerintahkan kepada auditor agar tidak hanya mengaudit laporan dana kampanye, tetapi juga membandingkan kewajarannya dengan aktivitas kampanye peserta yang juga dilaporkan ke KPUD.

“Masyarakat untuk ikut mengawasi laporan dana kampanye dan melaporkan ketidakwajaran atau aktifitas yang diduga penerimaan dan pengeluarannya tidak dicatat oleh peserta,” tandas Donal. (Sab)

Twitter Facebook Google+

Berita Lainnya