ICW Temukan Potensi Politik Uang di Pilbup Bekasi 2017

ICW Temukan Potensi Politik Uang di Pilbup Bekasi 2017

Blog Single

ICW saat memaparkan temuan investigasi politik uang di Pilbup Bekasi 2017, Jumat (10/2).

Sabekasi.com, Tambun Selatan – Pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2017 mendapatkan sorotan banyak pihak. Kali ini, lembaga anti korupsi Indonesia Corruption Watch (ICW) turut serta melakukan pengawasan, khususnya berkaitan dengan politik uang.

Koordinator Divisi Investigasi ICW, Febri Hendri AA mengatakan, dalam Pilbup Bekasi ini pihaknya melakukan investigasi terkait potensi politik uang. Investigasi dilakukan pada November 2016 sampai Januari 2017 di 48 Desa di Kabupaten Bekasi.

“Fokus penelusuran pada alur distribusi uang, besaran distribusi dan dampaknya terhadap suara pemilih. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara serta dampaknya terhadap pemilih,” ungkap Febri dalam rilisnya, Jumat (10/2).

Adapun beberapa temuan investigasi, yakni adanya kandidat yang telah mencairkan dana pada jaringan sosial dan sedang mencari warga atau kelompok warga yang bersedia menyebarkan langsung pada pemilih.

“Nilai uang yang akan ditawarkan pada pemilih bervariasi mulai dari Rp20 ribu sampai dengan Rp100 ribu,” katanya.

Selain itu, berdasarkan hasil wawancara warga yang menjadi pemilih masih toleran atas tawaran uang tersebut Uang yang diterima dinilai dapat mempengaruhi keputusan kandidat yang akan mereka pilih. Rata-rata nilai uang yang mempengaruhi pilihan mereka senilai Rp100 ribu.

“20 Desa memiliki potensi rawan politik uang dan warganya diprediksi toleran dan menjadikan hal tersebut sebagai pertimbangan untuk memilih,” jelasnya.

Berikut adalah daftar 20 desa yang berpotensi toleran dan menjadikan uang dari tim sukses, dan tokoh masyarakat sebagai pertimbangan untuk memilih, yakni Desa Bantar Jaya, Lenggahsari, Sumber Urip, Medalkrisna, Jayalaksana, Sukamulya, Karangasih, Pahlawan Setia, Sukarukun, Jati Baru, Sukadarma, Hegarmanah, Sirna Jaya, Sindangjaya, Jaya Sampurna, Mekarsari Barat, Setia Mulya, Taman Rahayu. (Sab)

Share this Post:
Twitter Facebook Google+