Debat Cabup Bekasi Diharapkan Jadi Referensi Pemilih

Debat Cabup Bekasi Diharapkan Jadi Referensi Pemilih

Blog Single

Rapat koordinasi di Aula KPU Kabupaten Bekasi, Kamis (2/2).

Sabekasi.com, Kedungwaringin – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bekasi menggelar rapat koordinasi jelang debat publik pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bekasi tahun 2017. Acara dihadiri oleh masing-masing tim sukses pasangan calon dan jajaran Polres Metro Bekasi di Aula KPU Kabupaten Bekasi, Kamis (2/2).

Ketua KPU Kabupaten Bekasi, Idham Holik memaparkan bahwa pelaksanaan debat publik mengacu pada Pasal 21 Peraturan KPU Nomor 12 tahun 2016 tentang Kampanye dan harus disiarkan di media penyiaran secara profesional baik langsung maupun tunda. Debat publik Pilkada Bekasi tahun  2017 akan diselenggarakan pada Senin, 6 Februari 2017. Acara tersebut akan disiarkan langsung di Studio Kompas TV mulai pukul 15.00 – 16.30 WIB.

Idham berharap debat publik tersebut menjadi sarana pendidikan politik untuk masyarakat.  “Semoga memberikan gambaran kepada masyarakat untuk dapat memahami calon pemimpinnya sebelum menentukan pilihan di Pilkada Rabu 15 Februari 2017 mendatang,” ujarnya.

Melalui debat publik, lanjut Idham, masyarakat pemilih tidak hanya tahu tentang profil pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati yang akan dipilihnya. Namun, masyarakat juga dapat mengetahui dan mencermati program-program yang diusung pasangan calon sehingga lebih yakin dalam menentukan pilihannya.

Meski hanya diselenggarakan satu kali, debat publik diharapkan bisa menjadi media yang efektif untuk meyakinkan pemilih, apakah para calon sudah punya kriteria seperti yang diharapkan masyarakat. Maka, adu ide dan gagasan lewat debat publik antarcalon bisa melahirkan pemilih cerdas, mandiri, dan kritis.

Debat berlangsung dalam enam segmen, yaitu:
1. Pembukaan
2. Penyampain visi misi oleh masing-masing pasangan calon
3. Pendalaman visi misi pasangan calon oleh moderator
4. Tanya jawab dan sanggahan 1
5. Tanya jawab dan sanggahan 2
6. Penutup (Masing-masing pasangan calon menyampaikan pernyataan akhir/closing statement).

Total undangan sebanyak 200 orang yang terdiri dari:
1. 10 orang pasangan calon (Paslon)
2. Tim kampanye 100 orang (Tiap paslon 20 orang)
3. Undangan VIP pasangan calon 50 orang, (Tiap paslon 10 orang)
4. Muspida Kab Bekasi 20 orang,
5. KPU Kabupaten Bekasi 15 orang,
6. Panwaslu Kabupaten Bekasi 5 orang. (Fad)

Share this Post:
Twitter Facebook Google+