Ini Jadwal Debat Publik Pilkada Kabupaten Bekasi 2017

Ini Jadwal Debat Publik Pilkada Kabupaten Bekasi 2017

Idham Holik

Sabekasi.com, Kedungwaringin - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bekasi tengah membuat konsep debat publik untuk kelima pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bekasi 2017. Debat tersebut akan disiarkan secara langsung di stasiun televisi.

Ketua KPU Kabupaten Bekasi, Idham Holik mengatakan bahwa debat publik diselenggarakan hanya satu kali. Ajang adu visi misi dan program pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati tersebut akan diselenggarakan pada Senin, 6 Februari 2017.

Pihaknya belum dapat memastikan stasiun televisi yang akan menyiarkan langsung acara tersebut. “InsyaAllah tanggal 6 Februari, kini sedang dalam proses lelang,” ujar Idham kepada Sabekasi.com, Senin (23/1).

Idham menuturkan, tema debat publik merujuk pada Keputusan KPU RI Nomor 123/Kpts/KPU/Tahun 2016 dalam Bab III Metode Kampanye khususnya pada halaman 11 dan 12. “Dinyatakan bahwa tema debat publik/debat terbuka secara umum merujuk pada kontekstualisasi visi, rencana strategis pembangunan dan isu-isu aktual di daerah masing-masing,” paparnya.

Secara spesifik, tema-tema debat mencerminkan upaya, yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memajukan daerah, meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, menyelesaikan persoalan daerah, menyerasikan pelaksanaan pembangunan daerah kabupaten/kota dan provinsi dengan nasional dan memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia dan kebangsaan.

Selain tema tersebut lanjut Idham, berdasarkan Surat KPU RI No. 681/KPU/XII/2016 tertanggal 15 Desember 2016,  KPU Kabupaten/Kota diperintahkan juga dapat memasukan pertanyaan ke dalam kegiatan Debat Publik yaitu mengenai Pencegahan dan Penanggulangan Penyalahgunaan Narkoba dan perlindungan Anak dan Pemberdayaan Perempuan. (Fad)

Twitter Facebook Google+

Berita Lainnya