3.958 Pengawas TPS Pilbup Bekasi Dilantik, Ini Tugasnya

3.958 Pengawas TPS Pilbup Bekasi Dilantik, Ini Tugasnya

Pelantikan Pengawas TPS Pilbup Bekasi 2017, Minggu (22/1).

Sabekasi.com, Tambun Selatan – Guna mengintensifkan pengawasan pada saat pemungutan suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bekasi 2017, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) melakukan pelantikan secara serentak pengawas TPS di 23 kecamatan, Minggu (22/1).

Menurut Komisioner Panwaslu Kabupaten Bekasi Iwan Setiyono, jumlah pengawas TPS yang dilantik sebanyak 3.958 orang. Jumlah tersebut sesuai dengan jumlah TPS yang ada saat pemungutan suara nanti. Mereka akan bekerja selama 23 hari sebelum masa pencoblosan yang merupakan masa kritis Pilkada

Dijelaskan Iwan, pengawas TPS ini nantinya akan bertugas mengawal pelaksanaan Pilkada. Termasuk melakukan dokumentasi hasil suara di masing-masing TPS. Itu dilakukan untuk menghindari adanya persilihan perhitungan suara.

“Diharapkan saat penghitungan suara nanti pengawas TPS dapat memfoto C1, sebagai hasil rekap perolehan suara dan dapat di publikasikan. Sehingga harapannya di Kabupaten Bekasi tidak ada perselisihan hasil pemungutan suara,” ujar Iwan.

Selain itu, pengawas TPS juga akan diberikan pembekalan pengetahuan tentang pencegahan pelanggaran Pilkada.  “Mereka akan akan dibekali aspek pencegahan, kaitannya dengan pelanggaran, jadi sebelum ada Pilkada mereka bisa langsung menyampaikan pada masyarakat maupun pasangan calon dan tim kampanye,” tandasnya. (Sab)

Twitter Facebook Google+

Berita Lainnya