Juknis PPDB Online Rampung, Ini Ketentuan Umumnya

Juknis PPDB Online Rampung, Ini Ketentuan Umumnya

Blog Single

Ilustrasi (NET)

Sabekasi.com, Bekasi Timur – Dinas Pendidikan Kota Bekasi telah merampungkan petunjuk teknis (juknis) Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online tahun ajaran 2016/2017. Dengan demikian, 100 persen pelaksanaan PPDB online siap digelar.

Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, menyatakan mekanisme pendaftaran akan langsung disosialisasikan kepada masyarakat. Selain itu, pin untuk siswa yang akan mendaftar juga akan disebar ke masyarakat.

Berdasarkan aturan yang terdapat dalam juknis tersebut, pendaftaran PPDB online akan dikategorikan menjadi jalur reguler, jalur sekolah model, jalur prestasi, jalur afirmasi bagi siswa miskin, dan jalur zonasi berdasarkan kedekatan tempat tinggal dengan sekolah.

Setiap siswa diberikan 3 kali kesempatan untuk melakukan pendaftaran dalam PPDB online. "Sampai saat ini tahapannya hanya tinggal sosialisasi saja kepada masyarakat agar mengetahui sistem PPDB online 2016," terang Rahmat kepada awak media.

Menurut Rahmat, hal terpenting dalam sosialisasi itu adalah jalur afirmasi yang baru kali pertama diselenggarakan di Kota Bekasi pada tahun ini. Sebab PPDB online bakal memberikan kuota bagi siswa miskin pada PPDB kali mencapai 5 persen per sekolah.

Baca juga: PPDB Online: 5.000 Siswa Miskin Bersaing Masuk Sekolah Negeri

Dijelaskan Rahmat, PPDB online di Kota Bekasi akan dilangsungkan tanggal  27 Juni 2016. Proses pendaftaran secara online dimulai pukul 08:00 WIB di www.bekasi.siap-ppdb.com. “PPDB online kita kerjasamakan dengan PT. Telkom pelaksanaannya,” ujarnya.

Dalam laman tersebut terdapat seluruh sekolah negeri yang siap menampung calon siswa sesuai dengan kuotanya masing-masing. (Rsp)

Share this Post:
Twitter Facebook Google+