Hadapi MEA, Bahasa Inggris Dinilai Penting

Hadapi MEA, Bahasa Inggris Dinilai Penting

Blog Single

Ilustrasi (pixabay)

Sabekasi.com, Bekasi Timur -Genderang Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) telah ditabuh. Persaingan dalam berbagai aspek perekonomian di antara 10 Negara anggota organisasi kasawan asia tenggara ini telah dimulai. 

Meski terkesan terlambat, namun upaya untuk mempersiapkan diri menghadapi persaingan ini harus terus dilakukan. Salah satunya, kemampuan berkomunikasi dengan orang-orang dari berbagai Negara.

Saefudin, Wakil Dekan Fakultas FKSB Unisma Bekasi, menyebutkan peran penguasaan bahasa inggris sebagai salah satu kompetensi penting dalam menghadapu MEA. Hak itu disampaikannya dalam acara Try Out & Tips dan Trik Ujian Nasional Bahasa Inggris 2016 yang diselenggarakan Fakultas Komunikasi, Sastra dan Bahasa Unisma.

"Bagaimana pun juga, di era MEA seperti saat ini kita akan berinteraksi dan berkompetisi dengan masyarakat lintas negara, terutama masyarakat Asia. Adapun bahasa yang dipergunakan dalam interaksinya menggunakan B. Inggris," papar Saefudin.

Jika masyarakat kita, sambungnya, tidak mampu berbahasa Inggris, apa lagi dengan tantangan dari masyarakat Asia lainnya yang cukup qualified di dalam pekerjaan dan bahasa inggris maka dikhawatirkan kita akan tertinggal dari mereka. "Bahkan lebih buruk lagi kita hanya sekadar menjadi penonton. Oleh karena itu, bahasa inggris harus menjadi modal dasar masyarakat kita untuk siap berkompetisi di era MEA," terangnya.

Menurutnya, bahasa nggris itu sebetulnya tidak sesulit apa yang kita perkirakan. Justru ini bahasa yang menarik kalau dipelajari lebih mendalam. "Kalau kita menggambarkan segala sesuatu itu sulit, maka yang kita dapatkan adalah kesulitan," jelasnya.

Motivasinya harus dimulai dari  melihat bagaimana pentingnya penguasaan bahasa inggris untuk pengembangan diri apalagi dengan tuntutan di era seperti saat ini.

"Untuk lebih mempermudah mempelajari bahasa iggris, kita harus mulai dari easy listening, easy reading, dan easy writing. Tentunya kita harus sudah familiar dengan mendengarkan, menulis dan membaca teks-teks bahasa inggris," tandasnya. (Fad)

Share this Post:
Twitter Facebook Google+