Kemana Warga Harus Mengadu?

Kemana Warga Harus Mengadu?

Blog Single

Ilustasi (pixabay)

Begitu banyak mekanisme, sistem, peraturan, dan lembaga Negara yang dibentuk untuk memastikan warga mendapatkan keadilan. Namun ternyata itu tidak juga cukup menjamin warga mendapatkan keadilannya.

Kompetensi dan integritas pejabat publik masih menjadi kendala serius. Berbagai kasus telah menunjukan bagaimana sulitnya warga medapat keadilan. Waktu dan biaya yang harus dikeluarkan warga untuk memperoleh keadilannya tak jarang berakhir dengan kesia-siaan.

Kasus dugaan malpraktik RS Awal Bros misalnya. Ibrahim Belgur, ayah dari seorang bayi yang diduga meninggal karena kesalahan penanganan medis, harus berkali-kali kecewa. Ayah yang berusaha mendapatkan keadilan ini berulangkali dihadapkan pada situasi yang tidak menyenangkan.

Pengaduannya ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bekasi tak memperoleh titik terang. Hal ini diduga karena bias kepentingan, dimana Kadiskes merupakan salah satu dokter yang membuka praktik di RS Awal Bros. Tak heran, jika kemudian keluarga korban tak percaya pada proses audit yang dilakukan Dinkes. 

Tak patah arang, Ibrahim kemudian mencoba mengadu ke para wakil rakyat Kota Bekasi. Namun lacur, di DPRD Kota Bekasi ini pun ia dihadapkan pada situasi yang sama. Dalam pertemuan yang disebut dengan mediasi itu, pihak pengacara Ibrahim tak diizinkankan ikut. Bahkan ada satu pernyataan anggota dewan yang dirasakannya sangat memojokan dan menyakitkan.

Sekarang Ibrahim coba mengadu ke Polda Metro Jaya. Proses pemeriksaan telah dilakukan. Ia berharap melalui jalur ini ia bisa memperoleh keadilan untuk kejelasan penyebab kematian putri tercintanya. Karena ia merasa tak ada lagi tempat netral di Bekasi.

Contoh lainnya, kasus pengaduan warga atas galian pasir ilegal di Kp. Tegal Panjang, RT 04 RW 02, Desa Wibawa Mulya, Kecamatan Cibarusah. Karena tak kunjung mendapatkan respon dari aparatur pemerintahan terdekat, akhirnya warga pun melaporkan kasus ini ke Polda Metro Jaya. 

Kedua kasus di atas menjadi contoh bagaimana sulitnya warga mendapatkan keadilan. Segala sistem, mekanisme, dan lembaga yang dilahirkan untuk menjamin keadilan warga tak berjalan dengan baik. Jika sudah begini, kemana lagi warga harus mengadu? (Red)

Share this Post:
Twitter Facebook Google+