Ini Jadwal Pendaftaran PPDB Online SMA/SMK Tahun 2017 di Jabar

Ini Jadwal Pendaftaran PPDB Online SMA/SMK Tahun 2017 di Jabar

Blog Single

Ilustrasi

Sabekasi.com, Bekasi Timur – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat segera membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA/SMK sederajat di seluruh wilayah Jabar untuk tahun ajaran 2017/2018.

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat, Ahmad Hadadi menjelaskan, dalam PPDB tahun ini pihaknya membuka dua jalur pendaftaran, yakni jalur akademik dan jalur afirmasi. Kuota penerimaan untuk jalur akademik sebanyak 60 persen dan jalur afirmasi 40 persen dari total kuota di masing-masing sekolah.

Proses penerimannya untuk dua jalur tersebut, dijelaskan Hadadi, akan sedikit berbeda. Untuk jalur akademik akan diseleksi berdasarkan hasil ujian sekolah dan ujian nasional. Setiap sekolah juga memiliki passing grade untuk menyeleksi para calon siswa. Bagi calon siswa yang akan menikuti seleksi melalui jalur akademik bisa mendaftar ke situs ppdb.jabarprov.go.id.

"Pendaftaran dan seleksinya dibuka unutk SMK 3-8 Juli. Sementara SMA 3-10 Juli," jelasnya kepada awak media, Senin (29/5).

Sementara untuk jalur afirmasi, diperuntukkan kepada calon siswa yang memiliki kriteria khusus non akademik. Seperti siswa tidak mampu, siswa berprestasi, dan lainnya. Para siswa bisa mendaftar dan seleski mulai 6-14 Juni 2017.

"Jadi kami kasih slot untuk afirmasi itu SMA 40 persen. 20 persen untuk warga tidak mampu, 10 persen untuk siswa berprestasi, 10 persen yang punya MoU seperti anak guru atau kepala sekolah, yang di sekitar sekolah, bahkan disabilitas juga," papar Hadadi.

Hadadi menambahkan, ada sebanyak 733 ribu siswa SMP yang lulus di tahun ini. Sementara kuota SMA/SMK negeri di Jabar sebanyak 35 persen dari total siswa tersebut. Diharapkan sisanya bisa melanjutkan ke sekolah swasta. (Sab)

Share this Post:
Twitter Facebook Google+