HIMIKOM Unisma Akan Gelar Seminar Citizen Jurnalism

HIMIKOM Unisma Akan Gelar Seminar Citizen Jurnalism

Blog Single

Sabekasi.com, Bekasi Timur - Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HIMIKOM), Universitas Islam '45' (Unisma) Bekasi, akan menggelar seminar Citizen Journalism, Selasa, (23/5) mendatang. Acara yang mengusung teme "The Power Of Citizen Journalism" ini nantinya diselenggarakan di Gedung I Pascasarjana dan dibuka untuk umum.

Ketua Pelaksana acara, Firly Zikrillah menerangkan, Citizen Journalism sendiri merupakan aktifitas jurnalistik yang dilakukan oleh warga biasa yang berperan aktif dalam proses penyebaran berita. Namun secara perkembangannya, lanjut Firlly, banyak yang justru menyalahgunakan tujuan dan peran jurnalisme warga.

"Perkembangan teknologi komunikasi mendasari munculnya fenomena Jurnalisme warga. Namun pada perkembannganya, banyak penyalagunaannya, seperti penyebaran informasi yang menyerang RAS, mendeskriditkan salah satu pihak tanpa mempertimbangkan asas keadilan dalam penyebarannya," jelas Firlly.

Menyadari dampak tersebut, dijelaskan Firlly, melalui Seminar ini nantinya, masyarakat dapat mengenal secara umum bagaimana tahapan pembuatan berita sebelum di distribusikan. Serta secara teknis pengemasannya agar informasi yang diberikan mendapat nilai lebih kepada masyarakat umum.

Pada seminar ini, lanjut Firly, akan menghadirkan dua pembicara yang ahli dalam bidangnya. "Pertama, Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta, Ahmad Nurhasim dan kedua Asisten Kordinator Liputan TVOne, Indri Astuti." jelasnya.

Untuk iformasi lebih lanjut, dikatakan Firly, dapat menghubungi panitia. "Bisa menghubungi Dessy, melalui telepon 088808116905," tutupnya. (Dit)

Share this Post:
Twitter Facebook Google+