Penyelenggara dan Pengawas Pilkada Jangan 'Masuk Angin'

Penyelenggara dan Pengawas Pilkada Jangan 'Masuk Angin'

Ayo sukseskan Pilkada Bekasi 2017 (Sabekasi.com)

Sabekasi.com - "Awas pada masuk angin," begitu ungkapan di warung kopi dalam diskusi tentang Pilkada.

Istilah "masuk angin" memiliki makna berbeda ketika dilekatkan pada konteks Pilkada, khususnya di Bekasi. Suatu kondisi dimana penyelenggara dan atau pengawas Pilkada terjebak dalam politik transaksi. Berpihak pada satu atau lebih pasangan calon untuk mendapatkan keuntungan pribadi.

Makna baru terhadap istilah "masuk angin" itu tentu tak muncul dengan sendirinya. Ada pengalaman publik yang melatarinya. Dampaknya, bangunan kepercayaan publik terhadap penyelenggara dan pengawas Pilkada pun kian terkikis. Hal itu juga yang diantaranya memberi kontribusi terhadap rendahnya partisipasi publik dalam Pilkada.

Kondisi tersebut menuntut para penyelenggara dan pengawas Pilkada untuk bekerja lebih ekstra. Selain memastikan Pilkada berjalan sesuai aturan, mereka juga dituntut untuk meyakinkan Publik bahwa Pilkada merupakan momentum penting bagi masyarakat untuk terlibat menentukan arah daerah ke depan.

Pilkada Bekasi memang momentum strategis. Bukan cuma buat masyarakat biasa. Tapi buat mereka yang memiliki kepentingan bisnis di Bekasi. Itu pula yang menjadikan Pilkada Bekasi memiliki potensi kecurangan, termasuk penyelenggara dan pengawas yang "masuk angin".

Kualitas Pilkada memiliki peran penting dalam menentukan kualitas pemimpin Bekasi ke depan. Karena itu, integritas para penyelenggara dan pengawas Pilkada dipertaruhkan.

Butuh keberanian memang. Keberanian untuk menolak iming-iming dan berpegang teguh pada aturan dan hukum yang berlaku. Keberanian untuk berdiri dan bersikap demi kepentingan Bekasi ke depan.

Masyarakat pun harus terlibat mengawasinya. Jangan sampai para penyelenggara dan pengawas Pilkada " masuk angin". Demi Pilkada berkualitas. Selanjutnya, demi pemimpin Bekasi ke depan yang berkualitas. (Red)

Twitter Facebook Google+

Editorial Lainnya